14 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda Yang Kondusif Untuk Janin Dan Ibu

DaftarMenarik.com - Tips berpuasa untuk ibu hamil muda akan diberikan sepetunjuk khusus kepada Anda para ibu yang lagi hamil muda dan tetap ingin menjalankan ibadah puasa. Bagi ibu yang lagi hamil muda, berpuasa merupakan kewajiban yang harus dijalani. Kewajiban tersebut tidak akan gugur selama ibu hamil masih bisa menjalani ibadah puasa. Bila mengalami mual dan juga hingga muntah yang berlebihan dan menciptakan kondisinya lemas, sebaiknya puasanya ditunda demi kesehatan ibu dan janin di kandungannya.

Baca Juga: Ga Mau Puasanya Merugi? Sebaiknya Hindari Hal-Hal Ini

Sepertinya menjalani ibadah puasa ketika lagi hamil memang merupakan hal yang berat. Banyak tantangan yang harus dihadapi. Maka dari itu sebelum menjalankan ibadah puasa, perlu melaksanakan konsultasi kepada dokter kandungan Anda. Bila sudah dirasa kondusif dan bisa menjalankan ibadah puasa, Anda juga perlu menguasai tips berpuasa untuk ibu hamil muda yang kondusif bagi Anda dan janin Anda.

Tips berpuasa untuk ibu hamil muda akan diberikan sepetunjuk khusus kepada Anda para ibu yang  14 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda yang Aman Untuk Janin dan Ibu

Hukum Ibu Hamil Berpuasa Pada Bulan Ramadhan

Sepetunjuk Umum Wanita menyusui dan perempuan hamil itu mekepunyaani dua kondisi Yang akan Membedakan Dalam Penentuan Hukum Boleh Atau Tidaknya Berpuasa Dibulan Ramadhan. nah silakan disimak Sepetunjuk Baik Dibawah ini

1. Bumil bisa berpuasa dan tidak akan Menimbulkan dampak jelek Bagi Anak.

Dalam Keadaan ini Dipastikan Kalau sang Ibu Hamil tidak akan merasa kepayahan Yang Amat dan tidak juga khawatir Untuk Masalah kesehatan Janin kalau ia Menjalankan Puasa. Dalam Keadaan ini Maka ia wajib berpuasa dan dilarang berbuka di siang bulan ramadhan

2. Ibu Hamil khawatir terhadap kesehatan dirinya atau janin didalam kandungan

Jika ibu Hamil Merasa khawatir kalau berpuasa Maka dirinya akan sangat kepayahan dan membahayakan bayi Didalam Kandunganya Maka Puasa Saat Hamil Menjadi Boleh ditinggalkan Namun wajib mengqadha’ di hari-hari Lain Sebanyak Hari Yang ditinggalkannya tersebut. Dalam kondisi Kesehatan Seperti ini Maka Hukum yang utama baginya yaitu berbuka, Akan Menjadi makruh Kalau berpuasa. BahkanAda sebagian ulama Yang menyebutkan: Ibu Hamil haram Berpuasa Kalau ia was was terhadap kesehatan anaknya.

Nah Sudah Tahu Kan Hukumnya Menjalankan Puasa Saat ibu Sedang Hamil? Kalau anda Tetap Ingin Berpuasa pastikan Baca Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil Dibawah ini:

Bagaimana petunjuk berpuasa untuk Ibu Hamil Muda yang kondusif untuk kesehatan janin dan ibu?

Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka

Jika Anda termasuk ibu hamil yang tidak mengalami mual dan muntah, tingkatkan asupan gizi untuk sajian sahur dan berbuka Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Komposisinya yaitu 50% karbohidrat, 30% protein, 10-20% lemak. 
  1. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk membantu Anda dalam melancarkan BAB supaya terhindar dari resiko wasir. 
  2. Selama berpuasa minumlah susu formula untuk ibu hamil. 
  3. Jangan makan makanan yang terlalu pedas
  4. Disarankan pula supaya bumil tetap mengonsumsi protein hewani dari daging, ayam, ikan dan telur. 
  5. Selalu mengonsumsi pelengkap yang diberikan dokter kandungan Anda serta perbanyak minum air putih.
  6. hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan lebih baik pilih karbohidrat berkualitas tinggi.
  7. Jangan terburu-buru ketika menyantap sajian sahur. 
Selain memperhatikan menu-menu sahur, harus di hindari lupa Anda juga tidak bisa seenaknya untuk mengonsumsi makanan berbuka. Menu yang disarankan untuk berbuka puasa bagi Anda yang lagi hamil muda, diantaranya :
  1. Pola makan 3 kali dalam sehari masih bisa Anda terapkan meski lagi puasa. Caranya dengan mengonsumsi roti, puding, atau kudapan sehat di awal buka puasa. Setelah sholat tarawih, Anda bisa makan makanan berat menyerupai nasi, sayur, lauk, atau makanan berat lainnya. 
  2. Sebaiknya harus di hindari mengonsumsi es ketika berbuka puasa. Karena minuman cuek akan mengakibatkan produksi asam lambung meningkat. Untuk menjaga kesehatan ibu dan anak tetap terjjaga awalilah buka puasa dengan mengonsumsi makanan yang hangat dan manis. 
  3. Ketika berbuka puasa, harus di hindari pribadi makan makanan berat. Hal ini dilakukan untuk menjaga sistem pencernaan supaya tidak dipaksa untuk bekerja keras sehabis beristirahat selama berpuasa. 
  4. Perbanyak konsumsi air putih pada ketika Malam hari juga sanggup membantu Ibu hamil ketika menjalankan Ibadah puasa keesokan harinya.
  5. Saat hamil, kesehatan fisik ibu terang terganggu. Untuk itu pastikan konsultasi dengan dokter apabila Anda hendak menjalankan ibadah puasa ketika lagi hamil. 
  6. Hindari stres sebisa mungkin dan istirahat cukup sehingga masih sanggup mengikuti ibadah puasa dengan nyaman.
  7. Problem puasa bumil ini biasanya akan semakin pelik apabila bumil menderita komplikasi penyakit, contohnya menyerupai tekanan darah tinggi, gangguan ginjal dan hati, diabetes, menderita asma, atau mengandung bayi kembar. Nah, untuk perkara khusus semacam ini ada baiknya supaya Anda benar-benar meminta pantauan dari dokter dan investigasi khusus sehingga memungkinkan Anda untuk ikut berpuasa atau tidak.
Editor Pick:

Batalkan Puasa Anda Jika Mengalami

  • Mengalami Muntah-muntah Yang sering lebih dari 3 kali dan disertai Mencret / diare + rasa mulas dan melilit Yang Amat
  • Terjadi mimisan ( keluar darah Lewat Hidung ) alasannya pembuluh darah pecah
  • Mengalami Lemas, pusing Yang Amat dan diikuti dengan mata berkunang-kunang. Hal ini menunjukan Kalau anda Mengalami hipoglikemia. Segeralah Berbuka karean dikhawatirkan Bayi anda mengalami kekurangan gizi
  • Mengeluarkan keringat berlebih apalagi kalau yang keluar keringat cuek ini menunjukan bahwa badan ibu hamil dalam kondisi abnormal dan sudah tidak berpengaruh lagi untuk berpuasa maka sebaiknya berbukalah
Itulah beberapa tips berpuasa untuk ibu hamil muda supaya kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan tetap terjaga. Persiapkan diri minimal sebulan sebelum Bulan Ramadhan tiba. Jangan paksakan diri untuk berpuasa kalau kondisi ibu hamil memang benar-benar tidak mampu. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "14 Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda Yang Kondusif Untuk Janin Dan Ibu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel