Buku Kearsipan Smk Mak Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Berikut ini yakni berkas Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 Berikut ini yakni berkas Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester  Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013
Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen:

Latar Belakang
Penyimpanan arsip dan inovasi kembali yakni sesuatu aktivitas yang sangat penting dalam pengelolaan surat atau dokumen. Dokumen yang ditata dengan baik akan mempermudah dan mempercepat inovasi kembali apabila diperlukan.

Kunci sukses penataan suatu dokumen tergantung dari banyak faktor, antara lain: kemampuan petugas arsip dan pemilihan sistem penyimpanan arsip yang tepat.

Deskripsi
Bahan didik ini membahas ihwal mata pelajaran kearsipan dengan dengan ruang lingkup hakekat kearsipan, filling system atau sistem penyimpanan abjad, tanggal, masalah/subyek, wilayah, dan nomor, serta kearsipan dengan pembahasannya mencakup pengertian, materi dan alat yang diperlukan, merancang pola klasifikasi, mekanisme penyimpanan, inovasi kembali dan tes formatif, kiprah serta evaluasi.

Hasil tamat yang diharapkan dari pembelajaran materi didik ini yakni peserta didik sanggup mengelola dokumen dengan memakai sistem-sistem yang dipakai secara benar.

Prasyarat
Sebelum mempelajari materi didik ini akseptor didik sudah menguasai mata pelajaran korespondensi.

Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar
Bacalah dan pahami isi materi didik ini untuk memudahkan dalam proses aktivitas belajar.

Bagi Fasilitator
  1. Pastikan bahwa akseptor didik yang akan mempelajari materi didik ini telah mempelajari materi ajar-bahan didik prasyarat secara tuntas.
  2. Bantulah akseptor didik dalam mempelajari materi didik ini semoga pembelajaran sanggup berlangsung secara efektif dan efisien.
  3. Identifikasi dan analisislah sarana-prasarana aktivitas berguru yang ada di Sekolah serta dunia perjuangan dan industri untuk mengoptimalkan aktivitas pembelajaran.
  4. Berikan motivasi, bimbingan dan pendampingan semoga akseptor didik mempunyai gairah belajarnya meningkat.

Bagi Peserta Didik
  1. Bacalah dengan cermat rumusan tujuan tamat dari aktivitas berguru ini. Tujuan tersebut memuat kinerja yang diharapkan, kriteria keberhasilan dan kondisi yang diberikan dalam rangka membentuk kompetensi kerja yang akan dicapai melalui materi didik ini.
  2. Bacalah dengan cermat dan pahami dengan baik daftar pertanyaan pada �cek kemampuan� sebagai pengukur kompetensi yang harus dikuasai dalam materi didik ini. Lakukan ini pada awal dan tamat Peserta didik mempelajari materi didik untuk mengetahui penguasaan kompetensi sebagai pencapaian hasil berguru Peserta didik.
  3. Diskusikan dengan sesama akseptor didik apa yang telah akseptor didik cermati untuk mendapat pemahaman yang baik ihwal tujuan berguru dan kompetensi yang ingin dicapai dalam materi didik ini. Bila masih ragu maka bertanyalah pada fasilitator hingga Peserta didik paham.
  4. Bacalah dengan cermat peta kedudukan materi ajar, prasyarat, dan pengertian istilah-istilah sulit dan penting dalam materi didik ini.
  5. Bacalah dengan cermat materi setiap aktivitas belajar, kerjakan kiprah dan jawablah pertanyaan tes kemudian cocokkan balasan akseptor didik dengan kunci jawaban. Lakukan aktivitas ini hingga akseptor didik tuntas menguasai hasil berguru yang diharapkan.
  6. Bila dalam proses memahami materi ini akseptor didik mendapat kesulitan maka diskusikan dengan teman-teman akseptor didik atau konsultasikan dengan fasilitator.
  7. Setelah Peserta didik merampungkan semua aktivitas berguru dalam materi didik ini, pelajarilah materi didik selanjutnya sesuai dengan yang tertuang pada peta kedudukan materi didik untuk Keahlian Administrasi Perkantoran.
  8. Peserta didik tidak dibenarkan melanjutkan kepada aktivitas berguru berikutnya, jika belum menguasai benar materi pada aktivitas berguru sebelumnya.

Tujuan Akhir
Setelah mempelajari materi didik mata pelajaran kearsipan ini akseptor didik dapat:
  1. Memahami pengertian arsip, dokumen, pustaka, warkat dan kliping
  2. Mengetahui pengertian filling
  3. Mendefinisikan filling system
  4. Menentukan materi dan alat yang dibutuhkan untuk penyimpanan
  5. Membuat daftar pembagian terstruktur mengenai penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan sistem abjad, tanggal, masalah, wilayah, dan nomor;
  6. Membuat tab atau guide (penunjuk) penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan 5 (lima) sistem;
  7. Menentukan instruksi penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan 5 (lima) sistem;
  8. Mengindeks surat/berkas yang ada;
  9. Membuat kartu indeks dari surat/berkas yang ada;
  10. Memberi instruksi pada surat/berkas yang ada;

Kompetensi
Kompetensi mata pelajaran kearsipan pada bidang keahlian Administrasi Perkantoran kelas X semester I yakni : hakekat kearsipan, kearsipan, filling system atau sistem penyimpanan, kearsipan.

      Download Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

      Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

      Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013



      Download File:
      Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen - Kearsipan 1.pdf
      Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

      Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Kearsipan Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Semoga bisa bermanfaat.

      Belum ada Komentar untuk "Buku Kearsipan Smk Mak Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel