Buku Pai Guru Dan Siswa Kelas 12 Sma Ma Smk Mak Edisi Revisi 2018
Berikut ini ialah berkas Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013. Download file format PDF.
Buku PAI Guru dan Siswa Kelas 12 Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Edisi Revisi 2018 |
Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013:
Misi utama pengutusan Nabi Muhammad saw. ialah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur�n bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan adab ialah yang terpenting. Penguatan kepercayaan ialah dasar. Sementara, ibadah ialah sarana, sedangkan tujuan kesudahannya ialah pengembangan adab mulia. Nabi Muhammad saw. Bersabda,�Mukmin yang paling tepat imannya ialah yang paling baik akhlaknya� (HR.Abu Daud dan Imam Ahmad). Nabi Muhammad saw. juga bersabda,�Orang yang paling baik Islamnya ialah yang paling baik akhlaknya�(HR.Imam Ahmad). Dengan kata lain, hanya adab mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang dapat menjadi bukti kekuatan kepercayaan dan kebaikan ibadah. Oleh alasannya ialah itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan kepada adab yang mulia dan kepada pembentukan peserta didik yang penuh kasih sayang. Bukan hanya penuh kasih sayang kepada sesama muslim, melainkan kepada semua manusia, bahkan kepada segenap unsur alam semesta.
Hal ini selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk berbagi kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi meningkat juga kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia abjad dan kepribadiannya.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII ini ditulis dengan semangat seperti tersebut di atas. Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan akseptor didik dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, tidak berhenti dengan pengetahuan agama sebagai hasil akhir. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan perilaku keseharian yang sesuai dengan tuntutan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual yang berafiliasi dengan pencipta maupun ibadah yang mengatur korelasi antara sesama dalam sosial kemasyarakatan.
Untuk itu, sebagai buku pendidikan agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran dirancang dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian, bahan buku ini bukan hanya untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal baik oleh akseptor didik maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan akseptor didik bersama guru dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan anutan agamanya.
Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, akseptor didik diajak berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap akseptor didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Isi bahan pembelajaran pada Buku PAI Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 ini antara lain:
Misi utama pengutusan Nabi Muhammad saw. ialah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur�n bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan adab ialah yang terpenting. Penguatan kepercayaan ialah dasar. Sementara, ibadah ialah sarana, sedangkan tujuan kesudahannya ialah pengembangan adab mulia. Nabi Muhammad saw. Bersabda,�Mukmin yang paling tepat imannya ialah yang paling baik akhlaknya� (HR.Abu Daud dan Imam Ahmad). Nabi Muhammad saw. juga bersabda,�Orang yang paling baik Islamnya ialah yang paling baik akhlaknya�(HR.Imam Ahmad). Dengan kata lain, hanya adab mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang dapat menjadi bukti kekuatan kepercayaan dan kebaikan ibadah. Oleh alasannya ialah itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan kepada adab yang mulia dan kepada pembentukan peserta didik yang penuh kasih sayang. Bukan hanya penuh kasih sayang kepada sesama muslim, melainkan kepada semua manusia, bahkan kepada segenap unsur alam semesta.
Hal ini selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk berbagi kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi meningkat juga kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia abjad dan kepribadiannya.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII ini ditulis dengan semangat seperti tersebut di atas. Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan akseptor didik dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, tidak berhenti dengan pengetahuan agama sebagai hasil akhir. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan perilaku keseharian yang sesuai dengan tuntutan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual yang berafiliasi dengan pencipta maupun ibadah yang mengatur korelasi antara sesama dalam sosial kemasyarakatan.
Untuk itu, sebagai buku pendidikan agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran dirancang dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian, bahan buku ini bukan hanya untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal baik oleh akseptor didik maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan akseptor didik bersama guru dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan anutan agamanya.
Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, akseptor didik diajak berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap akseptor didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Isi bahan pembelajaran pada Buku PAI Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 ini antara lain:
Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir
Membuka Relung Kalbu
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Hari Akhir
C. Periode Hari Akhir
D. Hakekat Beriman kepada Hari Akhir
E. Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
F. Menyajikan Kaitan antara Beriman kepada Hari Akhir dengan Perilaku Jujur, Bertanggung Jawab, dan Adil
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 2 Menyakini Qad? dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Qad? dan Qadar
C. Kaitan antara Beriman kepada Qad? dan Qadar dengan Sikap Optimis, Berikhtiar dan Bertawakal
D. Hikmah Beriman kepada Qad? dan Qadar
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 3 Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. ?li -Imr?n/3: 190-191 serta Hadis wacana Berpikir Kritis
C. Menyajikan Keterkaitan antara Berpikir Kritis dengan Ciri Orang Berakal (Ulil Albab) sesuai Pesan Q.S. ?li -Imr?n/3: 190-191 . 50
D. Manfaat Berpikir Kritis
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Hari Akhir
C. Periode Hari Akhir
D. Hakekat Beriman kepada Hari Akhir
E. Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
F. Menyajikan Kaitan antara Beriman kepada Hari Akhir dengan Perilaku Jujur, Bertanggung Jawab, dan Adil
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 2 Menyakini Qad? dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Iman kepada Qad? dan Qadar
C. Kaitan antara Beriman kepada Qad? dan Qadar dengan Sikap Optimis, Berikhtiar dan Bertawakal
D. Hikmah Beriman kepada Qad? dan Qadar
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 3 Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. ?li -Imr?n/3: 190-191 serta Hadis wacana Berpikir Kritis
C. Menyajikan Keterkaitan antara Berpikir Kritis dengan Ciri Orang Berakal (Ulil Albab) sesuai Pesan Q.S. ?li -Imr?n/3: 190-191 . 50
D. Manfaat Berpikir Kritis
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Bersatu dalam Keragaman
C. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. ?li -Imr?n/3: 159 dan Hadis terkait wacana Bersikap Demokratis
D. Demokrasi dan Sy?r?
E. Keterkaitan antara Demokrasi dengan Sikap Tidak Memaksakan Kehendak sesuai Pesan Q.S. ?li-Imr?n/3:159 dan Hadis Terkait
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Rangkuman
Evaluasi
Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Bersatu dalam Keragaman
C. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. ?li -Imr?n/3: 159 dan Hadis terkait wacana Bersikap Demokratis
D. Demokrasi dan Sy?r?
E. Keterkaitan antara Demokrasi dengan Sikap Tidak Memaksakan Kehendak sesuai Pesan Q.S. ?li-Imr?n/3:159 dan Hadis Terkait
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 5 Menyembah Allah Swt. sebagai Ungkapan Rasa Syukur
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi makna Q.S. Luqm?n/31:13-14 dan Hadis wacana Kewajiban Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt.
C. Kaitan antara Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt. dalam Q.S. Luqm?n/31: 13-14 93
D. Hikmah dan Manfaat Beribadah dan Bersyukur Kepada Allah Swt.
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 6 Meraih Kasih Allah Swt. dengan Ihs?n
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Makna Q.S. al-Baqar?h/2:83 wacana Berbuat Baik kepada Sesama dan Hadis Terkait
C. Keterkaitan Kewajiban Beribadah dan Bersyukur kepada Allah Swt. dengan Berbuat Baik terhadap Sesama Manusia sesuai Q.S. al-Baq?rah/2:83
D. Hikmah dan Manfaat Ihs?n
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 7 Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Ketentuan Pernikahan dalam Islam
C. Prinsip-Prinsip Pernikahan dalam Islam
D. Pernikahan Menurut Undang-undang Perkawinan Indonesia (UU No.1 Tahun 1974)
E. Hak dan Kewajiban Suami Istri
F. Hikmah Pernikahan
Menerapkan Perilaku Mulya
Bab 7 Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Ketentuan Pernikahan dalam Islam
C. Prinsip-Prinsip Pernikahan dalam Islam
D. Pernikahan Menurut Undang-undang Perkawinan Indonesia (UU No.1 Tahun 1974)
E. Hak dan Kewajiban Suami Istri
F. Hikmah Pernikahan
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Evaluasi
Bab 8 Meraih Berkah dengan Mawaris
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Ketentuan Waris dalam Islam
C. Dasar-Dasar Hukum Waris
D. Ketentuan Mawaris dalam Islam
E. Mempraktikkan Pelaksanaan Pembagian Waris dalam Islam
F. Manfaat Hukum Waris Islam
Menerapkan Perilaku Mulya
Rangkuman
Evaluasi
Bab 9 Rahmat Islam bagi Nusantara
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
C. Strategi Dakwah Islam di Indonesia
D. Perkembangan Dakwah Islam di Indonesia
E. Kerajaan Islam di Indonesia
F. Gerakan Pembaruan Islam di Indonesia
G. Nilai-Nilai Keteladanan Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
H. Menjunjung Tinggi Kerukunan dalam Kehidupan Sehari-hari
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Faktor-Faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia
C. Masa Kemajuan Peradaban Islam di Dunia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 9 Rahmat Islam bagi Nusantara
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
C. Strategi Dakwah Islam di Indonesia
D. Perkembangan Dakwah Islam di Indonesia
E. Kerajaan Islam di Indonesia
F. Gerakan Pembaruan Islam di Indonesia
G. Nilai-Nilai Keteladanan Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
H. Menjunjung Tinggi Kerukunan dalam Kehidupan Sehari-hari
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Faktor-Faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia
C. Masa Kemajuan Peradaban Islam di Dunia
D. Masa Kemunduran Peradaban Islam di Dunia
E. Menjujung Tinggi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin sebagai Pemicu Kemajuan Peradaban Islam di Masa yanag akan Datang
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Perilaku Bekerja Keras dan Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari
C. Korelasi antara Perilaku Kerja Keras, Jujur, Tanggung Jawab, Adil, dan Toleransi dalam Kehidupan Sehari Hari
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
E. Menjujung Tinggi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin sebagai Pemicu Kemajuan Peradaban Islam di Masa yanag akan Datang
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik
Membuka Relung Kalbu
Mengkritisi Sekitar Kita
Memperkaya Khasanah
A. Tadarus al-Qur?n 5-10 Menit sesuai Tema
B. Menganalisis dan Mengevaluasi Perilaku Bekerja Keras dan Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari
C. Korelasi antara Perilaku Kerja Keras, Jujur, Tanggung Jawab, Adil, dan Toleransi dalam Kehidupan Sehari Hari
Menerapkan Perilaku Mulia
Rangkuman
Evaluasi
Download Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SMA/MA SMK/MAK Kelas 12 Edisi Revisi 2018
Download File:
Buku Guru PAI Sekolah Menengan Atas Kelas 12 Edisi Revisi 2018.pdf
Buku Siswa PAI Sekolah Menengan Atas Kelas 12 Edisi Revisi 2018.pdf
Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Buku Siswa Pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SMA/MA dan SMK/MAK sederajat Kelas 12 Edisi Revisi 2018. Semoga sanggup bermanfaat.
Untuk buku kurikulum 2013 untuk guru dan siswa kelas 12 pelajaran lainnya (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, PAI, PPKn, Sejarah, dan lain-lain) silahkan anda lihat dan unduh:
Buku Pegangan Guru dan Siswa Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Belum ada Komentar untuk "Buku Pai Guru Dan Siswa Kelas 12 Sma Ma Smk Mak Edisi Revisi 2018"
Posting Komentar