Buku Smk Mak Simulasi Digital Kelas X Semester 1 Dan 2
Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan MAK Mata Pelajaran Simulasi Digital Jilid 1 dan 2 untuk Siswa Kelas X Semester 1 dan 2. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Buku Sekolah Menengah kejuruan MAK Simulasi Digital Kelas X Semester 1 dan 2
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan MAK Mata Pelajaran Simulasi Digital Jilid 1 dan 2 untuk Siswa Kelas X Semester 1 dan 2:
Buku teks pelajaran ini untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika.
Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma berguru kurikulum periode 21 mengakibatkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada penerima didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara berguru penerima didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.
Buku teks �Simulasi Digital� ini disusun menurut tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013diselaraskan menurut pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan berguru kurikulum periode 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran �Simulasi Digital�ini disusun dengan tujuan semoga supaya penerima didik sanggup melaksanakan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui banyak sekali kegiatan proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melaksanakan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian penerima didik diarahkan untuk menemukan sendiri banyak sekali fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai gres secara mandiri.
Pendahuluan
SIMULASI DIGITAL
Upaya Mengomunikasikan Gagasan atau Konsep Melalui Presentasi Digital
Teknologi informasi dan komunikasi pada ketika ini telah memungkinkan cara berkomunikasi dan bakutukar informasi insan satu dengan insan lainnya, mencapai tingkat tertinggi dibandingkan dengan pada masa sebelumnya.
Informasi yang disampaikan dalam bentuk teks saja tidak cukup. Informasi tersebut sanggup dilengkapi dengan visualisasi yang tampil secara dinamis, bergerak, disertai suara. Informasi tersebut menjadi lebih penting, jikalau berisi gagasan atau konsep. Cara menciptakan visualisasi dan cara memberikan informasi tersebut harus dipelajari dengan baik semoga isi yang terkandung di dalamnya sanggup tersampaikan.
Cara yang simpel mengomunikasikan gagasan atau konsep kepada orang lain ialah melalui presentasi digital yang telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi ketika ini. Teknologi informasi dan komunikasi juga memungkinkan seseorang menciptakan rekaan/tiruan (simulasi) dari kondisi yang bergotong-royong sebagai peraga penyampaian informasi.
Semua upaya memberikan gagasan atau konsep tersebut dikemas dalam Simulasi Digital. Mata Pelajaran Simulasi Digital, selanjutnya disingkat Simdig, tidak berdiri sendiri. Mata pelajaran ini terkait dengan mata pelajaran produktif pada Bidang Keahlian atau Program Keahlian yang dipelajari di SMK. Mata pelajaran ini tidak sanggup dipisahkan dengan isi yang akan dikomunikasikan, yaitu gagasan atau konsep, sebagai solusi atas persoalan yang terkait dengan mata pelajaran produktif.
Simulasi Digital bukan sekadar format tetapi juga konten.
Penguasaan Simulasi Digital tidak hanya berkhasiat bagi Anda untuk memperoleh nilai dalam mata pelajaran, bahkan tidak hanya bermanfaat untuk mengomunikasi-kan gagasan atau konsep selama Anda berguru di SMK. Simulasi Digital ialah kebutuhan manusia. Keterampilan ini akan menjadi kepingan dari kecakapan hidup (life skill) Anda.
Deskripsi Mata Pelajaran Simulasi Digital
Mata pelajaran Simulasi Digital ialah mata pelajaran yang membekali siswa semoga sanggup mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui media digital.
Dalam proses pemelajaran, siswa sanggup mengomunikasikan gagasan atau konsep yang dikemukakan orang lain dan mewujudkannya melalui presentasi digital, dengan tujuan untuk menguasai teknik mengomunikasikan gagasan atau konsep.
Pada dasarnya kemampuan mengomunikasikan gagasan atau konsep, sama pentingnya dengan inovasi gagasan atau konsep itu sendiri.
Tujuan simpulan sehabis Anda mempelajari banyak sekali keteknikan dan cara bekerja yang terkait dengan mata pelajaran kejuruan, Anda bisa mengomunikasikan gagasan atau konsep yang ditemukannya sendiri atau merupakan modifikasi dari gagasan atau konsep yang sudah ada.
Kemampuan mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan tepat, mencerminkan kecerdasan pikir dan tingkat penguasaan terhadap gagasan atau konsep tersebut.
Media digital yang dimanfaatkan untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep, dipilih dari yang telah tersedia secara luas melalui aplikasi atau layanan dengan memakai peralatan elektro atau peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada.
Buku Siswa Jilid 1 ini dipakai sebagai buku sumber berguru pada Semester 1 Kelas X SMK. Buku ini akan berlanjut dengan Buku Siswa Jilid 2 sebagai buku sumber berguru pada Semester 2, yang keduanya menjadi satu kesatuan utuh.
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital Buku Siswa Jilid 1
Buku teks pelajaran ini untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika.
Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma berguru kurikulum periode 21 mengakibatkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada penerima didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara berguru penerima didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.
Buku teks �Simulasi Digital� ini disusun menurut tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013diselaraskan menurut pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan berguru kurikulum periode 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran �Simulasi Digital�ini disusun dengan tujuan semoga supaya penerima didik sanggup melaksanakan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui banyak sekali kegiatan proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melaksanakan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian penerima didik diarahkan untuk menemukan sendiri banyak sekali fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai gres secara mandiri.
Pendahuluan
SIMULASI DIGITAL
Upaya Mengomunikasikan Gagasan atau Konsep Melalui Presentasi Digital
Teknologi informasi dan komunikasi pada ketika ini telah memungkinkan cara berkomunikasi dan bakutukar informasi insan satu dengan insan lainnya, mencapai tingkat tertinggi dibandingkan dengan pada masa sebelumnya.
Informasi yang disampaikan dalam bentuk teks saja tidak cukup. Informasi tersebut sanggup dilengkapi dengan visualisasi yang tampil secara dinamis, bergerak, disertai suara. Informasi tersebut menjadi lebih penting, jikalau berisi gagasan atau konsep. Cara menciptakan visualisasi dan cara memberikan informasi tersebut harus dipelajari dengan baik semoga isi yang terkandung di dalamnya sanggup tersampaikan.
Cara yang simpel mengomunikasikan gagasan atau konsep kepada orang lain ialah melalui presentasi digital yang telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi ketika ini. Teknologi informasi dan komunikasi juga memungkinkan seseorang menciptakan rekaan/tiruan (simulasi) dari kondisi yang bergotong-royong sebagai peraga penyampaian informasi.
Semua upaya memberikan gagasan atau konsep tersebut dikemas dalam Simulasi Digital. Mata Pelajaran Simulasi Digital, selanjutnya disingkat Simdig, tidak berdiri sendiri. Mata pelajaran ini terkait dengan mata pelajaran produktif pada Bidang Keahlian atau Program Keahlian yang dipelajari di SMK. Mata pelajaran ini tidak sanggup dipisahkan dengan isi yang akan dikomunikasikan, yaitu gagasan atau konsep, sebagai solusi atas persoalan yang terkait dengan mata pelajaran produktif.
Simulasi Digital bukan sekadar format tetapi juga konten.
Penguasaan Simulasi Digital tidak hanya berkhasiat bagi Anda untuk memperoleh nilai dalam mata pelajaran, bahkan tidak hanya bermanfaat untuk mengomunikasi-kan gagasan atau konsep selama Anda berguru di SMK. Simulasi Digital ialah kebutuhan manusia. Keterampilan ini akan menjadi kepingan dari kecakapan hidup (life skill) Anda.
Deskripsi Mata Pelajaran Simulasi Digital
Mata pelajaran Simulasi Digital ialah mata pelajaran yang membekali siswa semoga sanggup mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui media digital.
Dalam proses pemelajaran, siswa sanggup mengomunikasikan gagasan atau konsep yang dikemukakan orang lain dan mewujudkannya melalui presentasi digital, dengan tujuan untuk menguasai teknik mengomunikasikan gagasan atau konsep.
Pada dasarnya kemampuan mengomunikasikan gagasan atau konsep, sama pentingnya dengan inovasi gagasan atau konsep itu sendiri.
Tujuan simpulan sehabis Anda mempelajari banyak sekali keteknikan dan cara bekerja yang terkait dengan mata pelajaran kejuruan, Anda bisa mengomunikasikan gagasan atau konsep yang ditemukannya sendiri atau merupakan modifikasi dari gagasan atau konsep yang sudah ada.
Kemampuan mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan tepat, mencerminkan kecerdasan pikir dan tingkat penguasaan terhadap gagasan atau konsep tersebut.
Media digital yang dimanfaatkan untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep, dipilih dari yang telah tersedia secara luas melalui aplikasi atau layanan dengan memakai peralatan elektro atau peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada.
Buku Siswa Jilid 1 ini dipakai sebagai buku sumber berguru pada Semester 1 Kelas X SMK. Buku ini akan berlanjut dengan Buku Siswa Jilid 2 sebagai buku sumber berguru pada Semester 2, yang keduanya menjadi satu kesatuan utuh.
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital Buku Siswa Jilid 1
Sesuai dengan tujuannya, ruang lingkup Buku Siswa Jilid 1 mata pelajaran Simulasi Digital ialah sebagai berikut.
Pengelolaan Informasi Digital
Melalui Pengelolaan Informasi Digital, dimaksudkan siswa mempunyai bekal untuk memanfaatkan jejaring internet untuk mencari dan mendapat informasi sebagai pendukung gagasan atau konsepnya, sekaligus mengomunikasikannya.
Sebagai bekal awal memanfaatkan teknologi, Anda diberikan pemahaman dan cara memanfaatkan sarana yang digunakan. Selanjutnya Anda harus menguasai cara memakai peralatan untuk memresentasikan dan mengomunikasikan gagasan.
Salah satu cara untuk memresentasikan dan mengomunikasikan gagasan ialah melalui komunikasi daring. Komunikasi daring memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah yang dilakukan baik secara sinkron (synchronous), dalam satu waktu yang bersamaan, maupun secara asinkron (asynchronous), dalam waktu yang berbeda. Komunikasi daring sanggup dilakukan melalui pengiriman teks dan gambar, bahkan memungkinkan komunikator dan komunikan melaksanakan percakapan eksklusif dengan saling melihat gambar kawan bicaranya.
Komunikasi daring telah �melipat dunia�, menafikan jarak.
Kelas Maya
Melalui kelas maya, dimaksudkan Anda mempunyai bekal untuk �belajar kapan saja dan di mana saja�. Siswa sanggup ikut serta dalam kelas maya yang diselenggarakan diselenggarakan oleh siapapun, dalam rangka meningkatkan pengetahuan Anda. Kelas maya, kelas yang diselenggarakan �jarak jauh� sebagai tambahan pembelajaran tatap muka, dilaksanakan memanfaatkan jejaring internet.
Kelas maya memungkinkan Anda mengunduh banyak sekali informasi dan pengetahuan gres yang Anda perlukan, yang telah disediakan oleh guru pengampu kelas maya tersebut, sekaligus Anda sanggup memberikan tanggapan/ tanggapan atas pertanyaan guru.
Kelas maya ialah kelas terkini, tambahan kelas tatap muka, sebagai daerah siswa menuntut ilmu.
Perancangan Visualisasi Konsep
Melalui Perancangan Visualisasi Konsep, dimaksudkan siswa mempunyai bekal untuk:
- mengidentifikasi persoalan dalam kehidupan keseharian - mendapat ilham sebagai solusi memecahkan persoalan - menalar ilham menjadi gagasan faktual - dan mengemas gagasan menjadi konsep, produk benda atau layanan, yang siap dikomunikasikan, dan
- menentukan bentuk visual yang dipilih serta rancangan urutan tampilan visual yang akan dibentuk guna memresentasikan gagasan atau konsepnya.
Menemukan persoalan dalam kehidupan keseharian menjadi pendorong utama siswa berpikir mencari solusi pemecahannya. Ide yang Anda dapatkan masih harus dinalar baik-buruknya, dan jikalau akan dilaksanakan, dikembangkan menjadi gagasan. Gagasan ini akan melahirkan produk benda atau layanan sebagai cara bekerja untuk mengatasi masalah. Produk benda atau layanan ini harus dikemas dalam konsep yang lebih jelas, dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi, menjadi sebuah konsep produk atau konsep layanan.
Jangan pernah berhenti menemukan persoalan untuk mendapat ide. Jangan pernah berhenti bernalar untuk merumuskan ilham menjadi gagasan. Jangan pernah berhenti bernalar mengemas gagasan menjadi konsep. Komunikasikan konsep dengan integritas yang tinggi, massal, dan, �mendunia�.
Konsep yang telah dibentuk harus divisualisasikan dengan baik semoga pesan sanggup tersampaikan.
Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital Buku Siswa Jilid 2
Sesuai dengan tujuannya, mata pelajaran Simulasi Digital dalam Buku Siswa Jilid 2 mempunyai ruang lingkup sebagai berikut.
Visualisasi Konsep
Melalui Visualisasi Konsep, dimaksudkan siswa mempunyai bekal keterampilan teknis untuk:
- Membuat presentasi video melalui cara video proses; dan
- Membuat presentasi video melalui simulasi visual.
Melalui video proses yang merupakan proses perekaman gambar bergerak melalui lensa yang ada pada peralatan kamera digital atau camcorder atau telpon genggam, presentasi video menawarkan bekal bagi siswa untuk menciptakan video, terutama untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep.
Bagian tertentu dari presentasi video yang tidak terjangkau dalam rekaman gambar memakai video proses, sebab alasan teknis atau proses yang ada di dalam, sanggup divideokan melalui proses simulasi digital, memakai animasi 3D.
Visualisasi konsep ialah media siswa mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan mengekspresikan diri dalam bentuk visualisasi dinamis, bergerak dan diberi audio.
Buku/Dokumen Digital
Melalui Buku/Dokumen Digital, dimaksudkan siswa mempunyai bekal keterampilan teknis untuk memformat naskah menjadi buku/dokumen digital untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep. Perkembangan digital memungkinkan mewujudkan buku/dokumen �nirkertas�,yang gampang disimpan, dibawa,dan dibaca ketika diperlukan. Buku/dokumen digital bisa menampung informasi ekspresi dan nonverbal dengan tampilan statis, videografi, dan audio.
Teknologi digital memungkinkan menyimpan, membawa, dan membaca buku hanya dengan memakai peralatan �kecil� saja.
Download Buku Sekolah Menengah kejuruan MAK Mata Pelajaran Simulasi Digital Jilid 1 dan 2 untuk Siswa Kelas X Semester 1 dan 2
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan MAK Mata Pelajaran Simulasi Digital Jilid 1 dan 2 untuk Siswa Kelas X Semester 1 dan 2 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:Buku Sekolah Menengah kejuruan / MAK K13 Administrasi Server - Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Download File:
C2-Simulasi Digital X-1.pdf
C2-Simulasi Digital X-2.pdf
Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan MAK Mata Pelajaran Simulasi Digital Jilid 1 dan 2 untuk Siswa Kelas X Semester 1 dan 2. Semoga bisa bermanfaat.
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan MAK Mata Pelajaran Simulasi Digital Jilid 1 dan 2 untuk Siswa Kelas X Semester 1 dan 2. Semoga bisa bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Buku Smk Mak Simulasi Digital Kelas X Semester 1 Dan 2"
Posting Komentar