Buku Smk Teknik Penyiaran Dan Produksi Agenda Radio, Televisi Dan Film

Berikut ini yaitu berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) - Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film Jilid 1 2. Download file PDF.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan TIK  Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film
Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film:

Buku Sekolah Menengah kejuruan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) - Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Kemajuan dalam bidang komunikasi arif balig cukup akal ini menuntut adanya sumber daya insan yang adaptip sehingga tidak ketinggalan dari perkembangan dunia yang semakin menglobal. Perkembangan tersebut juga mengakibatkan berkembangnya teknologi komunikasi radio, televisi dan film yang berdampak kepada kebutuhan tenaga kerja (SDM) penyiaran dan produksi aktivitas radio, TV dan film yang makin besar.

Pemerintah dalam rangka menyediakan SDM untuk mengisi peluang kerja dibidang penyiaran telah membuka pendidikan penyiaran radio, televisi dan film melalui Depdiknas dan telah menetapkan kurikulum serta standar kompetensi lulusannya melalui BSNP.

Dalam rangka mendukung aktivitas tersebut, maka buku sumber dengan judul Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio,TV dan Film disiapkan semoga sanggup dimanfaatkan para guru bidang penyiaran dan produksi aktivitas radio, TV dan Film sebagai buku sumber pembelajaran dalam rangka menyiapkan siswanya semoga mempunyai kompetensi sebagai SDM yang berkualitas dan bisa bersaing untuk mengisi peluang kerja di bidang penyiaran dan produksi aktivitas Radio, TV dan Film.

Buku ini ditulis menurut kurikulum 2004 dan KTSP sesuai bidang keahlian semoga mempunyai tingkat manfaat dan keterpakaian yang tinggi. Ditulis dengan bahasa yang akrab ke keteknikan dan mengarah ke mudah sehingga gampang dipahami bagi guru, siswa maupun para praktisi atau semua orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Penggunaan buku ini untuk mengajar masih perlu didukung praktek sehingga benar-benar siswa mempunyai kompetensi yang mempunyai standar nasional.

Sekarang ini telah masuk di dalam kurun komunikasi, yang di dalamnya sarat dengan penggunaan teknologi komunikasi yang makin usang makin canggih. Oleh alasannya itu insan harus bisa mengadaptasi terhadap Iptek yang berkembang disekitar kehidupannya semoga tidak disebut orang yang ketinggalan jaman. Pepatah menyampaikan bahwa Siapa yang menguasai pengetahuan dan teknologi komunikasi serta memanfaat-kannya dalam kehidupannya, maka dialah pemenangnya.

Perkembangan dalam teknologi komunikasi, menciptakan peralatan komunikasi yang kita gunakan untuk sanggup berkomunikasi dengan cepat dan berkualitas sanggup terpenuhi. Hal ini sanggup dirasakan arif balig cukup akal ini dengan pemanfaatan radio, TV, telepon, fax, handphone, computer, laptop, jaringan internet, penggunaan satelit komunikasi dan sebagainya sanggup membantu kebutuhan kehidupan insan semakin mudah. Hal ini menciptakan dunia seakan menjadi semakin sempit bahkan tanpa jarak, sehingga orang sanggup mendapat info yang sangat cepat dan gampang dari jarak yang sangat jauh sekalipun. Indikasi perkembangan di bidang penyedia info juga nampak dengan munculnya pemancar radio swasta dan TV swasta di banyak sekali tempat wilayah propinsi maupun kabupaten di seluruh Indonesia. Bahkan di kota-kota propinsi sudah muncul beberapa TV lokal yang sama-sama bersaing merebut pasaran pemirsanya, dengan warna sajian yang didesain semenarik mungkin. Di masyarakat juga telah muncul banyak sekali semacam forum PH (Production Hause) yang bekerja memproduksi banyak sekali kebutuhan yang memerlukan keahlian dan keterampilan produksi aktivitas TV dan iklan serta kebutuhan sejenis lainnya baik yang bersifat bisnis maupun untuk layanan masyarakat. Dengan kemunculan banyak sekali forum penyiaran di setiap daerah, diperkirakan akan muncul pula hukum yang membatasi radius siarnya, yaitu berkaitan dengan otonomi tempat dimungkinkan akan menerapkan aturan-aturan untuk meningkatkan pendapatan orisinil daerahnya, sehingga forum penyiaran harus didisain untuk bersifat lokal. Dengan kata lain mereka yang melebihi batas radius suatu daerah, harus ada konsekuensi pajak tempat yang dikenakan. Hal ini akan semakin memacu tumbuh dan berkembangnya forum penyiaran lokal, alasannya forum penyiaran besar yang sifatnya sudah nasional akan terhambat dengan aturan- hukum daerah.

Perkembangan tersebut membuka peluang bagi tenaga kerja bidang penyiaran yaitu penyedia info yang akan disajikan melalui media komunikasi yang ada baik melalui media cetak maupun elektronik menyerupai radio dan televisi. Oleh alasannya itu sangat sempurna bila sumber daya insan Indonesia sebagian dipersiapkan menjadi orang-orang yang mempunyai kompetensi di bidang komunikasi pada umumnya dan secara khusus pada bidang Penyiaran dan Produksi Program Radio, TV dan Film.

Pemerintah melalui Depdiknas telah membuatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan penyiaran guna menyediakan tenaga kerja tingkat menengah bidang penyiaran yang mempunyai standar kompetensi pada bidang penyiaran sesuai kurikulum yang berlaku. Untuk mendukung pencapaian kompetensi tersebut perlu disediakan buku sumber bahan pembelajaran yang berisi pengetahuan wacana sistem komunikasi, jurnalistik penyiaran, seluk beluk penyiaran dan produksi aktivitas radio, TV dan film serta pengetahuan wacana kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja.

Seorang tenaga kerja bidang penyiaran perlu mempunyai pengetahuan wacana sistem komunikasi dan perkembangannya mulai dari sistem tradisional, sistem dengan kawat jalan masuk maupun sistem yang memakai gelombang radio, gelombang mikro hingga sistem yang memakai satelit. Demikian pula pengetahuan wacana jurnalistik penyiaran yaitu pengetahuan dasar jurnalistik, jurnalistrik penyiaran radio, TV dan film serta kemampuan memberikan info (Presentation Skills) secara mulut maupun tertulis, dan pengetahuan wacana teknik wawancara. Pengetahuan-pengetahuan tersebut akan mendukung pencapaian kompetensi sebagai seorang jurnalis penyiaran.

Materi pengetahuan wacana penyiaran radio diperlukan menunjukkan pengetahuan wacana peralatan pemancar radio dan proses penyiarannya serta bagaimana mendisain dan memproduksi info sebagai bahan yang akan disiarkan melalui media radio. Pada bidang pertelevisian dan perfilman, tenaga kerja dituntut mempunyai pengetahuan wacana peralatan studio TV dan film dan proses penyiaran informasinya serta bagaimana mendisain aktivitas dan memproduksinya hingga siap untuk disiarkan melalui media TV dan film. Agar sanggup bekerja dengan baik, seorang tenaga kerja perlu pengetahuan wacana keselamatan dan kesehatan kerja pada bidang penyiaran radio, TV dan film. Sebelum mempelajari wacana pertelevisian dan perfilman seorang jurukamera khususnya sangat baik kalau mempelajari terlebih dahulu wacana fotografi yang mendasari pengetahuan pengoperasian kamera televisi dan film.

Di samping menguasai pengetahuan yang telah disebutkan, semoga mempunyai kompetensi standar sebagai SDM penyiaran radio, TV dan film siswa sangat perlu berguru melalui praktek pribadi di sekolah maupun di luar sekolah, untuk pembentukan skills dan perilaku sebagai seorang SDM penyiaran.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) - Teknik Penyiaran dan Produksi Program Radio, Televisi dan Film. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Smk Teknik Penyiaran Dan Produksi Agenda Radio, Televisi Dan Film"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel