Contoh Aktivitas Gerakan Literasi Sekolah

Berikut ini yaitu berkas Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah. Download file format .docx Microsoft Word.

 Berikut ini yaitu berkas Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah
Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah

Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah:

Pendahuluan
Literasi tidak sekedar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri akseptor didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yaitu sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Hal yang paling fundamental dalam praktik literasi yaitu aktivitas membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari banyak sekali hal lainnya. Kemampuan ini penting bagi pertumbuhan intelektual akseptor didik. Melalui membaca akseptor didik sanggup menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya.Membaca menawarkan efek budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi akseptor didik. Sayangnya, hingga ketika ini prestasi literasi membaca akseptor didik di Indonesia masih rendah, berada di bawah rata-rata skor internasional. Dari laporkan hasil studi yang dilakukan Central Connecticut State University di New Britain, diperoleh informasi bahwa kemampuan literasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei (Jakarta Post, 2016).

Rendahnya literasi membaca tersebut akan besar lengan berkuasa pada daya saing bangsa dalam persaingan global. Hal ini menawarkan penguatan bahwa penyesuaian wajib baca sangat penting diterapkan dalam pendidikan di Indonesia, alasannya yaitu wajib baca memiliki tujuan yang sangat luas dan fundamental yakni: a) membentuk kebijaksanaan pekerti luhur; b) menyebarkan rasa cinta membaca; c) merangsang tumbuhnya aktivitas membaca di luar sekolah; d) menambah pengetahuan dan pengalaman; e) meningkatkan intelektual; f) meningkatkan kreativitas; g) meningkatkan kemampuan literasi tinggi.

Tujuan Gerakan Literasi Sekolah
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertujuan:
  1. Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah,
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah semoga literat,
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman berguru yang menyenangkan dan ramah anak semoga warga sekolah bisa mengelola pengetahuan,
  4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan bermacam-macam buku bacaan dan mewadahi banyak sekali seni administrasi membaca.

Kesimpulan
Gerakan Literasi Sekolah (LGS) yaitu sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.Hal yang paling fundamental dalam praktik literasi yaitu aktivitas membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari banyak sekali hal lainnya. Kemampuan ini penting bagi pertumbuhan intelektual akseptor didik. Melalui membaca akseptor didik sanggup menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya.Membaca menawarkan efek budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi akseptor didik.

    Download Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah



    Download File:

    Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah.zip


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga berkas lainnya terkait dengan Gerakan Literasi Sekolah:
    Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah
    Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang SMP
    Modul Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018
    Buku Panduan Mudah Gerakan Literasi Sekolah
    Buku Bahan Bacaan Literasi untuk SD Sekolah Menengah Pertama SMA

    Belum ada Komentar untuk "Contoh Aktivitas Gerakan Literasi Sekolah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel