Modul Training Guru Mata Pelajaran Ppkn Sma/Smk Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma Dan Akhlak Dalam Ppkn, Permasalahan Dalam Pembelajaran Saintifik)

Berikut ini yakni berkas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik). Download file format PDF.

Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK ini diterbitkan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

 Berikut ini yakni berkas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn Sekolah Menengan Atas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik)
Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik)

Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik)

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik):

Latar Belakang
Profesi guru dan tenaga kependidikan harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen. Hal ini dikarenakan guru dan tenaga kependidikan merupakan tenaga profesional yang mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu �Menciptakan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif�.

Program guru pembelajar sebagai salah satu taktik pembinaan guru dan tenaga kependidikan diharapkan sanggup menjamin guru dan tenaga kependidikan biar bisa secara terus menerus memelihara, meningkatkan, dan membuatkan kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Pelaksanaan kegiatan guru pembelajar akan mengurangi kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki guru dan tenaga kependidikan dengan tuntutan pedagogik dan profesional yang dipersyaratkan. Guru dan tenaga kependidikan melakukan jadwal guru pembelajar baik secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri maupun kelompok. Penyelenggaraan kegiatan guru pembelar dilakukan oleh forum training sesuai dengan jenis kegiatan dan kebutuhan guru. Dalam hal ini dilaksanakan oleh PPPPTK dan LPPPTK.

Untuk mendukung pelaksanaan tersebut diharapkan modul sebagai salah satu sumber berguru bagi peserta. Modul merupakan materi didik yang dirancang untuk sanggup dipelajari secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri oleh penerima diklat berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang disajikan secara sistematis dan menarik untuk mencapai tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Modul guru pembelajar merupakan salah satu materi tumpuan bagi pelaksanaan kegiatan guru pembelajar. Penyusunan modul ini telah melalui beberapa proses dan prosedur yaitu tahap: persiapan, penyusunan, pemantapan (sanctioning), dan pencetakan. Modul ini disusun untuk memperlihatkan informasi/gambaran/ deskripsi dan pembelajaran mengenai materi-materi yang relevan, serta diadaptasi dengan standar isi kurikulum.

Tujuan
Tujuan penyusunan modul guru pembelajar secara umum yakni memperlihatkan pemahaman dan sebagai salah satu tumpuan bagi penerima diklat, sehingga kompetensi ranah profesional dan paedagogik tercapai. Kompetensi inti dalam ranah profesional yang hendak dicapai dalam pembelajaran pada modul ini mencakup:
  1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan teladan pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/SMK.
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/SMK.
  3. Mengembangkan materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/SMK secara kreatif.

Sedangkan kompetensi inti dalam ranah paedagogik yang hendak dicapai dalam pembelajaran pada modul ini mencakup:
  1. Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
  2. Menguasai teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimiliki.
  7. Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
  8. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. 

Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembahasan dalam modul ini mencakup:
  1. Permasalahan dalam implementasi nilai-nilai Pancasila;
  2. Permasalahan dalam implementasi nilai-nilai Pembukaan dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  3. Permasalahan implementasi nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme;
  4. Permasalahan Implementasi good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan negara di Indonesia;
  5. Permasalahan implementasi aturan dan peradilan di Indonesia;
  6. Implementasi kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia;
  7. Implementasi pertolongan dan penegakan HAM di Indonesia;
  8. Permasalahan implementasi sistem dan budaya politik di Indonesia;
  9. Permasalahan dalam implementasi kekerabatan internasional Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  10. Analisa permasalahan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn SMA/SMK;
  11. Analisis permasalahan model pembelajaran project based learning, discovery learning dan problem based learning;
  12. Analisis permasalahan penilaian autentik;
  13. Analisis Permasalahan penyusunan silabus dan RPP sesuai materi PPKn.

Saran Cara Penggunaan Modul
Petunjuk penggunaan modul ini sebagai berikut:
  1. Membaca judul modul dengan teliti;
  2. Membaca pendahuluan biar memahami latar belakang penulisan modul, tujuan penyusunan modul, peta kompetensi dalam modul, ruang lingkup pembahasan, serta petunjuk penggunaan modul yang termuat dalam saran cara penggunaan modul;
  3. Mengikuti alur kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pembelajaran 1 hingga dengan kegiatan pembelajaran 13. Kegiatan pembelajaran memperlihatkan mata diklat atau topik yang akan dibahas dalam kegiatan diklat. Setiap kegiatan pembelajaran mempunyai tujuan, indikator pencapaian, acara pembelajaran, latihan/kasus/tugas, rangkuman materi, serta umpan balik dan tindak lanjut;
  4. Peserta sanggup membaca kunci balasan latihan/kasus/tugas untuk menyidik kebenaran hasil kerja sehabis mengerjakan latihan/ kasus/tugas;
  5. Selanjutnya penerima sanggup berlatih mengerjakan penilaian sebagai persiapan dalam mengerjakan post test di sesi simpulan kegiatan ini;
  6. Terakhir penerima membaca penutup, daftar pustaka, dan glosarium.

    Download Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G



    Download File:
    Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma dan Moral Dalam PPKn, Permasalahan dalam Pembelajaran Saintifik). Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Modul Training Guru Mata Pelajaran Ppkn Sma/Smk Kelompok Kompetensi G (Permasalahan Nilai, Norma Dan Akhlak Dalam Ppkn, Permasalahan Dalam Pembelajaran Saintifik)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel