Rpp Sd Mi Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 Dan 2

Berikut ini ialah berkas RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2. Download file format .doc atau .docx Microsoft Word.

 Berikut ini ialah berkas RPP SD MI Kelas  RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2
RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2

RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2:

KOMPETENSI INTI
  • Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya 
  • Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru 
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
  • Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR

PPKn
  1. Menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah Tuhan
  2. Menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan 

Bahasa Indonesia
  1. Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang sanggup dipakai untuk mempersatukan bangsa 
  2. Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
  3. Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya 
  4. Menyapa dan memberikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya 
  5. Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain menurut rasa ingin tahu 
  6. Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari 
  7. Mendengarkan pesan pendek, larangan, permintaan, penolakan, teks pendek, lagu bawah umur dan menawarkan balasan yang sesuai
  8. Bercerita wacana pengalaman yang mengesankan Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup irit energi 
  9. Berbicara impulsif wacana diri sendiri dan keluarga 
  10. Memelihara binatang dan flora yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan pengalamannya
  11. Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.) kepada teman, anggota keluarga 
  12. Mengamati keadaan dan kenampakan alam, kegiatan makhluk hidup (pada waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya secara verbal dengan kalimat [(Seandainya saya _____, saya akan _______.�) menurut hasil pengamatan)] 
  13. Menulis kalimat sederhana menurut gambar dengan memakai aksara lepas dan tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan aksara kapital dan tanda titik 
  14. Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, menentukan daerah dengan cahaya yang terang) 
  15. Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan menentukan daerah dengan cahaya yang terang) 

Matematika
  1. Mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal.
  2. Mengenal dan menukar nilai antar pecahan uang.
  3. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan dilema dengan efektif dari dilema yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan kegiatan sehari-hari di rumah, sekolah, atau daerah bermain serta menyidik kebenarannya. 

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
  1. Menghargai badan sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai .
  2. Menunjukkan sikap percaya diri dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
  3. Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
  4. Memiliki sikap hidup sehat.
  5. Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
  6. Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan sehabis melaksanakan kegiatan fisik.
  7. Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  8. Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
  9. Mempraktikkan kegiatan jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana.
  10. Mempraktikkan variasi pola gerak lebih banyak didominasi dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian).

Seni, Budaya, dan Prakarya 
  1. Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari.
  2. Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya.
  3. Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
  4. Membedakan aneka jenis benda materi alam yang sanggup dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
  5. Menyanyikan lagu bawah umur sederhana dengan pola irama yang bervariasi alat musik ritmis.
  6. Membuat karya kreatif dengan mengolah materi buatan lingkungan rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, dan tempel.

INDIKATOR

PPKn
  1. Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah.
  2. Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.
  3. Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
  4. Menjelaskan beberapa suku teman-teman yang ada dalam kelasnya.

Bahasa Indonesia
  1. Mulai terlihat bahagia memakai bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga.
  2. Mulai terlihat bahagia memakai bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua.
  3. Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa.
  4. Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri.
  5. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri.
  6. Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas.
  7. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai.
  8. Mengucapkan sapaan yang sesuai.
  9. Mengucapkan terima kasih secara tepat.
  10. Mengucapkan maaf secara tepat.
  11. Menanya sesuatu kepada orang lain.
  12. Mendengarkan penjelasan.
  13. Menyanyangi flora (menyiram tumbuhan, tidak menginjak rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb).
  14. Memberi makan dan membersihkan binatang piaraan serta tidak menyakiti.
  15. Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek.
  16. Menyebutkan hal-hal yang dilarang dilakukan.
  17. Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan.
  18. Mengucapkan kembali pernyataan penolakan.
  19. Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks.
  20. Mengajukan pertanyaan menurut teks yang diperdengarkan.
  21. Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair lagu.
  22. Mengajukan pertanyaan menurut isi syair lagu.
  23. Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan.
  24. Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan.
  25. Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut.
  26. Mengemukakan insiden yang dialami secara lancar.
  27. Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas.
  28. Berbicara dengan bunyi dengan volume bunyi yang lezat didengar.
  29. Menyebutkan nama flora dan binatang yang ada di lingkungan sekitar.
  30. Menceritakan kebutuhan flora dan hewan, contohnya masakan dan air.
  31. Menyiram atau memupuk tumbuhan.
  32. Memberi makan binatang peliharaan.
  33. Menceritakan akhir bila flora tidak disiram dalam waktu lama.
  34. Menceritakan akhir bila binatang tidak diberi makan dalam waktu lama.
  35. Menggambar flora atau hewan.
  36. Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang dan malam hari.
  37. Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari.
  38. Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan malam hari.
  39. Menyebutkan nama-nama kenampakan alam ibarat gunung, sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan daerah tinggla dan sekolah.
  40. Bercerita wacana kelestarian alam yang berada di lingkungan daerah tinggal dan sekolah.
  41. Berposisi duduk secara benar.
  42. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar.
  43. Memegang teks bacaan dengan tepat.
  44. Membalik halaman buku dengan benar.
  45. Memilih daerah membaca dengan cahaya yang terang.
  46. Berposisi duduk secara benar.
  47. Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar.
  48. Memegang pensil dengan tepat.
  49. Membalik halaman buku dengan benar.
  50. Memilih daerah membaca dengan cahaya yang terang.

Matematika
  1. Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari ibarat sajian makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel.
  2. Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan sajian makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan irit di sekolah dan di rumah.
  3. Menjelaskan akhir tidak habisnya masakan atau minuman yang tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat.
  4. Menghitung jumlah uang yang terbuang dari masakan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi.
  5. Bertindak irit dalam mengelola uang melalui menabung atau cara lainnya.
  6. Menjelaskan atau menceritakan pengalaman berinfak yang pernah dilakukan.
  7. Menceritakan manfaat berinfak bagi diri sendiri dan orang lain.
  8. Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang diselenggarakan oleh kelas.
  9. Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang dipakai sehari-hari.
  10. Menaksir harga barang yang dipakai sehari-hari.
  11. Menukar banyak sekali nilai pecahan uang dengan sejumlah uang pecahan lainnya.
  12. Menjelaskan banyak sekali pilihan barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia.
  13. Menjelaskan alasan menentukan barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia.
  14. Menentukan kembalian uang dari praktek permainan jual-beli barang dengan banyak sekali cara.
  15. Menceritakan kembali dilema sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang.
  16. Menggambarkan dilema sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang.
  17. Menulis model/kalimat matematika dari dilema sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang.
  18. Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan dilema sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
  1. Menyebutkan alat-alat kebersihan yang dipakai untuk membersihkan kelas.
  2. Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah.
  3. Membuat daftar piket kelas.
  4. Menyebutkan apa yang perlu dilakukan sebelum Mempraktikkan kegiatan fisik.
  5. Menyebutkan apa yang dihindarkan sebelum Mempraktikkan kegiatan fisik.
  6. Menyebutkan apa yang dihindarkan sehabis Mempraktikkan kegiatan fisik.
  7. Mempraktikkan variasi gerak mengayun.
  8. Mempraktikkan variasi gerak menarik.
  9. Mempraktikkan variasi gerak memutar.
  10. Mempraktikkan variasi gerak menekuk.
  11. Mempraktikkan variasi gerak berjalan.
  12. Mempraktikkan variasi gerak berlari.
  13. Mempraktikan variasi gerak melompat.
  14. Mempraktikkan variasi gerak mengayun.
  15. Mempraktikkan variasi gerak menarik.
  16. Mempraktikkan variasi gerak memutar.
  17. Mempraktikkan variasi gerak menekuk.

Seni, Budaya, dan Prakarya 
  1. Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya.
  2. Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap pemanfaatan benda di alam sekitar.
  3. Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar dengan merapikan sehabis bekerja.
  4. Menyebutkan pola irama lagu bertanda birama tiga.
  5. Menyebutkan pola bervariasi.
  6. Menyebutkan pola irama rata.
  7. Membedakan pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata.
  8. Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana.
  9. Mengenal judul lagu dan iringannya.
  10. Menunjukkan aneka materi di lingkungan yang sanggup dimanfaatkan sebagai karya kreatif boneka.
  11. Mengumpulkan materi yang terdapat di lingkungan untuk menciptakan boneka.
  12. Menyanyi dengan tepuk irama.
  13. Menyanyi dengan tepuk birama.
  14. Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna.
  15. Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas.
  16. Menyanyi lagu sesuai dengan frasering.
  17. Merancang karya kreatif boneka yang dihasilkan dari materi di lingkungan sekitar.
  18. Memotong pola dari materi di lingkungan sekitar untuk dibuat menjadi boneka sesuai rancangan.
  19. Menyusun pola menjadi karya kreatif boneka.
  20. Menilai karya boneka diri sendiri dan orang lain.

TUJUAN 
  • Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
  • Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
  • Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yangmencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

MATERI

PPKn
  • Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa sanggup berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru.
  • Dengan mengamati pola sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah, siswa sanggup berperilaku patuh di sekolah.
  • Contoh sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di sekolah.
  • Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa sanggup menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah.
  • Dengan menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa & Lihat Kebunku sanggup menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Bahasa Indonesia
  • Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa.
  • Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri.
  • Sikap bahagia memakai Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan isi pikiran kepada teman, Guru dan orang lain.
  • Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri.
  • Lafal teks doa dengan jelas.
  • Lafal & kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai.
  • Waktu mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
  • Kebutuhan badan biar tetap sehat, yaitu: main dan istirahat/tidur yang cukup, makan masakan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
  • Lingkungan sehat dan tidak sehat.
  • Nama-nama daerah dalam cerita.
  • Urutan peristiwa.
  • Kebutuhan badan biar tetap sehat, yaitu: main dan istirahat/tidur yang cukup, makan masakan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
  • Lingkungan sehat dan tidak sehat.
  • Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat.
  • Posisi duduk secara benar.
  • Letak bacaan dengan jarak mata yang benar.
  • Teks bacaan dengan tepat.

Matematika
  • Dengan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari ibarat sajian makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel siswa sanggup mengetahui daftar kebutuhannya.
  • Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa sanggup menentukan jenis tas, wadah atau daerah yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya.
  • Dengan mengamati benda siswa sanggup menceritakan bentuk bangkit ruang dan bangkit datar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.
  • Praktik aktifitas fisik ibarat membersihkan kelas dan halaman.
  • Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk, memutar dan melompat.

Seni, Budaya, dan Prakarya 
  • Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan dengan cara mengekspresikan diri memainkan alat musik ritmis.
  • Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan.
  • Lingkungan sekitar secara seksama.
  • Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar.
  • Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya.
  • Lagu Lihat Kebunku.
  • Dapat membedakan pola irama

PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

    Download RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Contoh RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013



    Download File:

    RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2

    RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2019 SEMESTER 2 TEMA 5:

    RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2019 SEMESTER 2 TEMA 6:

    RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2019 SEMESTER 2 TEMA 7:

    RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2019 SEMESTER 2 TEMA 8:

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2. Semoga sanggup bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Rpp Sd Mi Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 Dan 2"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel