4 Tips Olahraga Ketika Puasa Di Bulan Ramadhan Serta Manfaatnya

DaftarMenarik.com - Tips olahraga ketika puasa di bulan Ramadhan ini sanggup Anda ikuti bagi Anda yang gemar berolahraga meskipun tengah menjalani puasa dan tidak merasa lemas. Meskipun tengah menjalani ibadah puasa, hasrat untuk olahraga tentunya tidak Anda lewatkan begitu saja. Olahraga selain menjaga kesehatan tubuh, jikalau dilakukan di bulan pahala juga membantu Anda yang menginginkan tubuh lebih langsing. Karena ketika kita berolahraga tubuh akan lebih banyak memperabukan lemak ketika perut tengah kosong.

 Tips olahraga ketika puasa di bulan Ramadhan ini sanggup Anda ikuti bagi Anda yang gemar berol 4 Tips Olahraga Saat Puasa di Bulan Ramadhan Serta Manfaatnya

Manfaat Olahraga ketika Puasa

Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar
Detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh terjadi pada ketika sistem pencernaan kita bekerja. Bila kita tengah puasa berarti sistem pencernaan kita tengah istirahat. Di sinilah pentingnya berolahraga ketika puasa. Olahraga akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Dengan demikian detoksifikasi dalam tubuh tetap berjalan lancar.

Mengusir Rasa Malas dan Mengantuk
Orang yang merasa badannya lemas, malas, mengantuk ketika berpuasa disebabkan lantaran acara fisiknya rendah. Akan terasa sangat lapar dan haus jikalau kita hanya tidur dan bermalas-malasan ketika puasa. Apalagi tidur di pagi hari, berdiri tidur tubuh terasa lemas. Jam 10 pagi sudah terasa lapar dan haus.

Lihat juga: 8 Cara Membuat Badan Tetap Segar Saat Puasa

Menurunkan Berat Badan
Tanpa olahraga, bekerjsama puasa justru akan menaikkan berat tubuh lantaran nafsu makan semakin tidak terkontrol ketika berbuka puasa. Orang yang rutin berolahraga meskipun ketika puasa, fungsi organ tubuhnya berjalan normal sehingga dia akan makan sesuai kebutuhan tubuh. Sedangkan orang tidak pernah olahraga akan cenderung mengisi perut sesuai impian hawa nafsu. Ia cenderung melaksanakan upaya 'balas dendam' ketika berbuka puasa lantaran seharian tidak makan.

Lihat juga: 8 Cara Diet yang Sehat Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Meskipun seharian menahan lapar. Dengan berolahraga tubuh Anda tidak akan terasa loyo. Olahraga akan membantu Anda untuk tetap bugar. Di ketika Anda menjalani ibadah puasa dengan berolahraga, tubuh akan mengalami proses detoksifikasi. Olahraga di bulan pahala mekepunyaani metode tersendiri dibandingkan bulan-bulan lainnya. Di artikel ini akan dibagikan tips olahraga ketika puasa di bulan Ramadhan yang sanggup Anda ikuti. Untuk lebih jelasnya simaklah ulasan berikut ini.

 Tips olahraga ketika puasa di bulan Ramadhan ini sanggup Anda ikuti bagi Anda yang gemar berol 4 Tips Olahraga Saat Puasa di Bulan Ramadhan Serta Manfaatnya

    Tips Olahraga Saat Puasa di Bulan Ramadhan    

1. Tips Memilih Waktu Olahraga yang perlu diperhatikan
Saat Anda berpuasa, daya tahan tubuh berbeda ketika tidak berpuasa. Untuk melaksanakan olahraga ketika berpuasa, Anda sanggup menentukan waktu, sanggup di pagi hari, sore, atau bahkan malam hari. Tetapi hindari berolahraga ketika akan tidur, semoga tubuh Anda mekepunyaani kesempatan untuk beristirahat.

Bila Anda menentukan pagi hari untuk berolahraga, tidak di izinkan melaksanakan olahraga yang sifat dan intesitasnya berat. Karena, jikalau Anda melaksanakan olahraga yang berat tentunya akan mengalami keletihan dan menciptakan kehilangan cairan tubuh yang akan menjadikan ibadah puasa Anda menjadi terganggu.

Olahraga di sore ketika berpuasa, sanggup Anda lakukan kurang lebih 30 menit sebelum berbuka. Bila Anda ingin berolahraga di malam hari, hendaknya lakukanlah 2 jam sehabis berbuka puasa. Meski demikian, waktu yang terbaik untuk berolahraga di bulan pahala yaitu sore hari menjelang berbuka atau pagi hari sehabis sahur.

Olahraga yang dilakukan mendekati waktu tidur sebaiknya dihindari. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat.

2. Tips Memilih Tempat Olahraga
Olahraga yang baik dilakukan ketika puasa yaitu olahraga di tempat yang sejuk. Jika olahraga dilakukan di area terbuka, lakukan di bawah pepohonan dan tempat yang sejuk. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari keletihan dan muncul rasa haus yang berlebih.

3. Tips Memilih Olahraga Yang Tepat
Ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika melaksanakan olahraga di bulan puasa. Ketiga hal tersebut yaitu beban, volume, dan durasi. Kondisi tubuh yang berbeda ketika puasa dibanding tidak berpuasa, sebaiknya Anda mengurangi ketiga hal tersebut. Tujuannya semoga tubuh Anda tetap pada kondisi yang kondusif ketika berolahraga ketika berpuasa. Anda sanggup menentukan jenis olahraga low impact exercise ketika berpuasa.

4. Tetap Memperhatikan Asupan Nutrisi
Satu hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Anda wajib menjaga dan mengatur asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka puasa. Supaya metabolisme pada tubuh Anda tetap terjaga dan juga tetap memungkinkan Anda untuk melaksanakan olahraga meskipun tengah berpuasa. Meski demikian, tidak di izinkan hingga berlebihan dalam hal asupan makanan. 

Lihat juga: 5 Pilihan Nutrisi yang Tepat Agar Puasa Lancar dan Menyehatkan
Puasa itu sehat lantaran akan mengistirahatkan organ-organ pencernaan kita. Olahraga di ketika puasa lebih sehat lagi lantaran organ-organ pencernaan yang beristirahat tersebut tetap berfungsi normal. Organ-organ pencernaan tersebut tetap menerima ajaran darah yang lancar sehingga tetap berfungsi optimal. Ibarat pegawai, di masa cuti tetapi tetap menerima gaji.
Demikian sedikit ulasan mengenai tips olahraga ketika puasa di bulan Ramadhan. Meskipun kita tengah menjalani ibadah puasa, tidak melewatkan untuk berolahraga. Meskipun frekuensi dan ritmenya dikurangi dengan berolahraga di bulan pahala dan Anda tengah menjalaninya akan menciptakan Anda tetap bugar. Semoga artikel di atas menjadi ide Anda untuk tetap berolahraga meski berpuasa.

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Olahraga Ketika Puasa Di Bulan Ramadhan Serta Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel