10 Tips Biar Tidak Lemas Ketika Puasa Yang Dapat Anda Ketahui

Daftarmenarik.com - Tips supaya tidak lemas ketika puasa sanggup Anda ketahui, meskipun anda yang tengah menjalani ibadah puasa seharian dan tetap segar dan bugar. Bulan Ramadhan ialah bulan penuh berkah. Di bulan Ramadhan umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Terkadang ketika kita berpuasa kita mengalami problem yang terkadang menciptakan ibadah terganggu, yakni lemas ketika berpuasa. Akibat lemas, banyak orang lebih mengurangi aktifitas fisik, jadi mungkin saja yang tadinya ingin mencari pahala dengan bekerja, tapi urung dilakukan lantaran lemas ketika berpuasa.
 Tips supaya tidak lemas ketika puasa sanggup Anda ketahui 10 Tips Agar Tidak Lemas Saat Puasa yang Bisa Anda Ketahui
Tahukah Anda bahwa rasa lemas ketika berpuasa, disebabkan lantaran menurunnya gula darah semetode berlebihan. Bila gula darah turun terlalu rendah, kita akan merasa lemas, letih, lesu bahkan hingga merasa pusing di kepala. Berikut ialah beberapa tips supaya tidak lemas ketika puasa.

    Tips Agar Tidak Lemas Saat Puasa    

 1  Konsumsi Banyak Buah-Buahan
Seperti yang sudah diulas di atas, penyebab utama dari rasa lemas ketika berpuasa ialah turunnya gula darah dalam tubuh. Untuk menyiasati turunnya gula darah semetode berlebihan ini, disarankan supaya kita mengonsumsi glukosa yang merupakan salah satu karbohidrat terpenting sebagai sumber tenaga. 

Supaya sumber energi tetap ada, pilih kuliner dengan indeks glikemik rendah menyerupai kentang rebus, beras, atau buah-buahan. Selain itu, konsumsi pula kuliner yang tinggi serat supaya glukosa sanggup naik perlahan.

 2  Mengonsumsi kuliner tinggi serat
Saat sahur, libatkan makanan-makanan berserat untuk disantap. Anda sanggup mengkombinasikan antara nasi dan kuliner berserat menyerupai sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat sanggup memperlihatkan dampak kenyang yang usang sehingga anda tidak akan simpel lapar.

 3  Mengonsumsi kuliner berprotein
Mengonsumsi kuliner berprotein menyerupai ikan, ayam, telur, dan tahu juga sangat penting, lantaran menciptakan badan jadi lebih berenergi. Kurangnya asupan protein sanggup menciptakan badan cepat lemas dan lesu.

 4  Mengonsumsi lemak baik
Lemak baik sanggup didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa murni, dan buah menyerupai alpukat. Lemak terutama lemak baik (HDL) juga diharapkan badan untuk menyerap nutrisi. Selain itu, lemak baik berperan penting dalam menyediakan energi bagi tubuh.

 5  Batasi garam
Batasi mengonsumsi kuliner yang asin ketika sahur. Mengonsumsi kuliner yang tinggi garam akan menciptakan badan anda cepat lapar dan dehidrasi.
Lihat juga: 5 Cara Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Puasa
 6  Awali berbuka dengan minum terutama dahulu
Langkah sempurna supaya kadar gula meningkat perlahan ialah minum teh bagus hangat dengan 3-5 biji kurma terutama dahulu sebagai pembuka pada ketika berbuka puasa, gres 10-20 menit kemudian berbuka puasa. Ini bertujuan untuk gula tak cepat naik dan pankreas tidak terkejut. Hindari juga makan kuliner yang digoreng dan bersantan, dan pilihlah sajian yang dipanggang, atau dibakar saja.

 7  Asupan air 10 gelas setiap hari
Karena ketika berpuasa tidak sanggup minum, aturlah asupan air setidaknya 10 gelas setiap hari. Tak mesti mengkonsumsi air mineral, namun juga sanggup lewat jus buah, teh atau sup.

 8  Saat Sahur
Saat sahur, sebaiknya konsumsi nasi merah yang lebih kaya nutrisi dan padat serat. Nasi merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna semetode sedikit demi sedikit sehingga membantu badan mempertahankan rasa kenyang yang lebih usang sehingga ktia tidak simpel lapar ketika puasa. Pilihan lain selain nasi merah ialah roti gandum atau oatmeal. 

Saat sahur, porsi makan kita kira-kira 40 persen yang terdiri dari 30 persen makan besar dan 10 persen camilan. Camilan yang disarankan ketika sahur ialah buah yang dimakan bersama kulitnya dan minum tiga gelas air. Konsumsi buah ketika Imsak. Yang terpenting ketika sahur ialah menghindari kuliner berlemak lantaran hormon insulin badan akan berlebihan. Insulin akan mempercepat turunnya kadar gula darah dan ini menciptakan Anda cepat lapar.

 9  Waktu Tidur Cukup
Terlalu tidur berlebihan tak akan membuahkan hasil yang baik, begitupun dengan kekurangan tidur. Justru akan menjadikan rasa lelah. Dapat dianjurkan bagi Anda untuk pribadi tidur sesudah shalat tarawih supaya dpat berdiri ketika sahur nanti. Tidur sebentar di siang hari juga sangat disarankan.

 10  Olahraga
Sempatkan pula waktu untuk beraktivitas fisik. Olahraga sanggup menciptakan badan tetap bugar sepanjang hari, sehingga badan anda tidak simpel lemas. Pilihlah olahraga yang berdasarkan anda ringan.

Bagaimana? Sudah siap menjalani puasa dengan penuh semangat? Semoga di bulan ramadhan kali ini kita sanggup memperoleh berkah bulan ramadhan yang tak terkira nilainya.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Biar Tidak Lemas Ketika Puasa Yang Dapat Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel