Buku Smk Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia

Berikut ini yakni berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini yakni berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia Jilid  Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia
Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia

Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia

Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan aktivitas penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari aktivitas pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK. Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran.

Buku teks pelajaran ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku ini disusun sebagai salah satu buku teks pelajaran siswa Sekolah Menengah kejuruan Pertanian, jadwal keahlian Budidaya Ternak Ruminansia. Isi buku membahas aspek teknis budidaya ternak ruminansia besar, dan aspek manajemen. Aspek teknis budidaya mencakup potensi dan tugas peternakan, dasar-dasar budidaya, kaidah dan hukum K3, menentukan bibit, memberi makan, menciptakan kandang, merawat kesehatan, tatalaksana pemeliharaan, bangunan, dan alat mesin. Aspek administrasi mencakup analsis kelayakan perjuangan dan pemasaran. Diharapkan buku ini sanggup membekali siswa dalam menguasai kompetensi yang ditetapkan pada kurikulum.

Tingkat konsumsi susu dan daging di Indonesia masih rendah, sedangkan kebutuhan tinggi sehingga terdapat peluang untuk perjuangan peternakan ruminansia. Ternak ruminansia besar yang utama yakni sapi perah, potong dan kerbau. Produk ternak ruminansia umumnya terdiri atas daging, susu, kulit, dan bulu. Kontribusi peternakan sebagai sumber protein hewani, sumber tenaga, pemanfaatan hasil limbah pertanian, hasil ikutan pertanian, dan menyerap tenaga kerja.

Untuk sanggup mengelola perjuangan peternakan perlu menguasai dasar budidaya. Pengetahuan perihal identi?kasi ternak, pemberian pakan, fasilitas, pemcegahan penyakit dan pengelolaan dengan prinsip good management practices.

Usaha peternakan perlu dilaksanakan dengan mekanisme kesehatan, keselamatan kerja (K3). K3 perlukan untuk keselamatan peternak, ternak dan produknya.

Keberhasilan agribisnis peternakan banyak ditentukan oleh kualitas bibit ternak. Bibit ternak yang tidak baik tidak menunjukkan hasil produksi yang maksimal. Untuk sanggup menentukan bibit yang baik sangat dibutuhkan pengetahuan perihal jenis-jenis ternak, asal-usul ternak dan performansi masing-masing ternak.

Sistem pemeliharaan ternak di Indonesia dilakukan secara intensif, yang ditunjukkan dengan semua kebutuhan ternak disediakan oleh peternak. Pemenuhan kebutuhan nutrisi ternak harus dihitung secara cermat semoga ternak menghasilkan daging dan susu secara optimal. Pakan yang diberikan berupa hijauan pakan ternak dan konsentrat. Pakan yang diberikan ternak harus semurah mungkin dengan tetap memperhatikan nutrisinya semoga menguntungkan. Penyusunan pakan konsentrat memakai pendekatan least cost formula, yaitu formulasi dengan harga termurah. 

Kandang berfungsi sebagai kawasan hidup ternak, pelindung ternak dari iklim, dan keamanan. Pembuatan sangkar diadaptasi dengan iklim di Indonesia. Peralatan merupakan alat bantu bagi peternak semoga sanggup mengelola ternak. Ketersediaan peralatan yang memadai akan meningkatkan produkti?tas peternak.

Ternak yang sehat akan menunjukkan produksi yang baik. Peternak perlu menjaga kesehatan ternak, melaksanakan pengobatan jikalau ternak sakit. Biaya pengobatan ternak lebih mahal daripada biaya mencegah penyakit, sehingga moto mencegah lebih baik daripada mengobati diterapkan dibidang peternakan. Peternak perlu memahami faktor penyebab penyakit, menjaga kebersihan dan melaksanakan upaya-upaya pencegahan penyakit. Diagnosa penyakit dianalisa menurut gejala-gejala penyakit. Hasil diagnosa dijadikan dasar dalam pengobatan penyakit.

Kegiatan pemeliharaan ternak mencakup pemberian pakan, minum, membersihkan kandang, pemeliharaan kesehatan ternak, menangani ternak, mengawinkan ternak, membatu proses kelahiran, mengoperasikan perlatan budidaya, memerah, dll. Pada setiap jenis ternak memerlukan cara pemeliharaan yang khusus. Pemeliharaan pejantan, ternak muda, ternak induk, sapi kering, memerlukan penanganan yang berbeda.

Sebelum memasarkan suatu produk kita perlu menyusun suatu rencana pemasaran yang berisi strategi, taktik, analisa keuangan dan pengendalian pemasaran. Hari Raya Kurban merupakan dikala dimana kebutuhan ternak kurban meningkat dengan harga yang tinggi. Saat tersebut membuka peluang yang baik untuk memasarkan ternak kurban.

Sistem pemeliharaan sapi perah dan potong memiliki potensi ekonomi yang baik. Analisis perjuangan dilakukan untuk sapi perah. Investasi terdiri dari biaya tetap dan biaya tidak tetap. Analisa perjuangan dilakukan dengan perhitungan analisis laba/rugi, neraca, dan aliran dana (cash?ow)

Pemerintah berupaya menunjukkan derma dalam pengembangan agribisnis peternakan melalui perbaikan regulasi, subsidi pembiayaan, penemuan teknologi dan pengembangan SDM.

Penggunaan buku ini sebaiknya dikombinasikan dengan modul yang berisi intruksi kerja yang jelas.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia



    Download File:
    Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri - Agribisnis Ternak Ruminansia - Jilid 3.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia. Semoga sanggup bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Smk Agroindustri Agribisnis Ternak Ruminansia"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel