Contoh Dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen Rpp Kurikulum 2013

Berikut ini ialah berkas Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF. Untuk RPP Revisi 2019/2020 tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP antara lain Komponen RPP, Keterampilan Abad 21 (Komunikasi, Kreatif, Kolaboratif, Berfikir Kritis), Penguatan Karakter, dan Integrasi Literasi. Mudah-mudahan Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013 ini bisa menjadi salah satu pemanis pola atau referensi.

 Berikut ini ialah berkas Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum  Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013
Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

Komponen RPP menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, ialah sebagai berikut:
  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan pembagian terstruktur mengenai rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan sesudah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga penerima didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
  11. Sumber Belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013:

Sekolah             : � (Misal: Sekolah Menengah Pertama �)
Mata Pelajaran  : ... (Misal: IPA)
Kelas/Semester : � (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok    : ... (Misal: Pengukuran)
Alokasi Waktu  : � (Misal: 6 Pertemuan (15 JP))

A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.
CONTOH
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah ajaib sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
  1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
  2. Indikator merupakan jabaran dari KD.
  3. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) sikap yang sanggup diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
  4. Indikator KD dari KI-3 meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.

    Download Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013



    Download File:

    Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013.docx
    Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Contoh Dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen Rpp Kurikulum 2013"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel