Kurikulum Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa Dan Bagaimana
Berikut ini yaitu berkas Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kurikulum 2013 - Apa Mengapa dan Bagaimana. Download file format PDF. Buku pedoman kurikulum PAUD ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan - Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat - Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini - Tahun 2015 .
Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana |
Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana
Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana:
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat dua dimensi kurikulum. Dimensi pertama yaitu rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran, sedangkan yang kedua yaitu cara yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan evaluasi yang bersifat autentik. Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fleksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk menyebarkan potensi dan bakatnya. Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan semenjak Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Menengah. Keajegan model pendekatan di semua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan akseptor didik yang lebih konsisten semenjak awal sehingga dibutuhkan akseptor didik bisa berubah menjadi sumber daya insan yang mempunyai kompetensi perilaku beragama, kreatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas.
Sebagai jenjang paling dasar, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dibutuhkan menjadi fundamen bagi penyiapan akseptor didik supaya lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Mengantarkan anak usia dini yang siap melanjutkan pendidikan tidak hanya terbatas pada kemampuan anak membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga dalam keseluruhan aspek perkembangan. Tanggung jawab ini harus dipikul bersama antara pemerintah, pengelola dan pendidikan PAUD, orang tua, serta masyarakat.
Untuk menyamakan langkah, khususnya bagi para pelaksana layanan kegiatan PAUD, guna perlu diberikan pedoman, pelatihan, dan acuan-acuan yang sanggup dijadikan sebagai rujukan para pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di satuan pendidikannya.
Pencapaian pendidikan yang lebih baik melalui penerapan Kurikulum 2013 PAUD merupakan suatu keniscayaan jikalau dilaksanakan tolong-menolong oleh seluruh komponen.
Pada Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana ini berisi antara lain mengenai:
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat dua dimensi kurikulum. Dimensi pertama yaitu rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran, sedangkan yang kedua yaitu cara yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan evaluasi yang bersifat autentik. Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fleksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk menyebarkan potensi dan bakatnya. Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan semenjak Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Menengah. Keajegan model pendekatan di semua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan akseptor didik yang lebih konsisten semenjak awal sehingga dibutuhkan akseptor didik bisa berubah menjadi sumber daya insan yang mempunyai kompetensi perilaku beragama, kreatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas.
Sebagai jenjang paling dasar, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dibutuhkan menjadi fundamen bagi penyiapan akseptor didik supaya lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Mengantarkan anak usia dini yang siap melanjutkan pendidikan tidak hanya terbatas pada kemampuan anak membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga dalam keseluruhan aspek perkembangan. Tanggung jawab ini harus dipikul bersama antara pemerintah, pengelola dan pendidikan PAUD, orang tua, serta masyarakat.
Untuk menyamakan langkah, khususnya bagi para pelaksana layanan kegiatan PAUD, guna perlu diberikan pedoman, pelatihan, dan acuan-acuan yang sanggup dijadikan sebagai rujukan para pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di satuan pendidikannya.
Pencapaian pendidikan yang lebih baik melalui penerapan Kurikulum 2013 PAUD merupakan suatu keniscayaan jikalau dilaksanakan tolong-menolong oleh seluruh komponen.
Pada Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana ini berisi antara lain mengenai:
- Apa yang mendasari pemikiran K 13 PAUD?
- Apakah Makna PAUD Dalam Pembangunan Bangsa?
- Ke manakah Arah Pembangunan PAUD Di Indonesia?
- Mengapa PAUD Memerlukan Kurikulum Berkualitas?
- Perlukah Kurikulum Untuk Pendidikan Anak Usia Dini?
- Apa sajakah yang menjadi Landasan Pengembangan Kurikulum PAUD di Indonesia?
- Bagaimanakah Posisi Kurikulum PAUD dalam Rangka Pendidikan Nasional?
- Bagaimanakah Kedudukan K-13 PAUD dengan Kurikulum Pendidikan di Level Atasnya?
- Bagaimanakah Keterkaitan Standar PAUD dan Kurikulum 2013 PAUD?
- Bagaimanakah Karakteristik Kurikulum PAUD Indonesia?
- Ke manakah Arah Kurikulum PAUD Indonesia?
- Arah Kurikulum 2013 PAUD?
- Apa sajakah Karakteristik Kurikulum PAUD Indonesia?
- Apa Prasyarat dalam Menerapkan Kurikulum PAUD Indonesia?
- Bagaimana Ketentuan Pemda dalam Penerapan Kurikulum PAUD?
- Bagaimana Ketentuan Setiap Satuan PAUD dalam Penerapan Kurikulum PAUD ?
Download Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana
Download File:
Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kurikulum 2013 - Apa Mengapa dan Bagaimana.pdf
Sumber: http://anggunpaud.kemdikbud.go.id
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Kurikulum PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa dan Bagaimana. Semoga bisa bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Kurikulum Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Apa Mengapa Dan Bagaimana"
Posting Komentar