10 Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Dalam Islam

DaftarMenarik.com, Ketenangan hati dan pikiran menjadi dambaan setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya untuk mendapat ketenangan hati dan pikiran sangatlah susah lantaran setiap orang niscaya pernah mengalami yang namanya masalah, baik itu dilema dalam pekerjaan, rumah tangga, dan dilema pada kesehatan. Masalah ini yang sanggup menimbulkan kekacauan pada hati dan pikiran sehingga bukan mustahil jikalau kita tidak tahu metode meredamnya akan menimbulkan masalah-masalah lainnya. Lalu adakah kiat khusus yang bisa menenangkan hati dan pikiran ketika ditimpa masalah?

Pada artikel sebelumnya 10 Cara Menenangkan Pikiran dengan Cepat dan Mudah. Namun jikalau metode tersebut masih belum berhasil menciptakan anda tenang, cobalah 10 metode menenangkan hati dan pikiran berdasarkan syariat islam menyerupai dibawah ini :

    Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Dalam Islam    

 Ketenangan hati dan pikiran menjadi dambaan setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Dalam Islam
1. Sabar
Ketika anda mendapat cobaan dan dilema yang tiada henti, hal pertama yang harus dilakukan ialah sabar. Hal ini juga yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika mendapat banyak sekali cobaan dan dilema yang tiada henti. Kesabaran akan menciptakan seseorang menjadi lebih hening dalam menghadapi banyak sekali dilema berat yang mendatanginya. Dengan kesabaran, pikiran dan hati yang kacau akan menjadi stabil sehingga sanggup menemukan solusi yang baik dalam menuntaskan dilema yang dihadapi. Dalam al-qur'an (QS Al-baqarah 153) Allah SWT berfirman "Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar".  Pada dasarnya, Allah SWT memperlihatkan ujian dan cobaan tujuaannya untuk menguji keimanan kita. Jika kita berhasil melewati dilema tersebut maka level keimanan kita akan meningkat. Allah SWT pun memperlihatkan ujian sesuai dengan kemampuan hamba-Nya.

2. Sholat
Sholat merupakan ibadah yang paling utama bagi setiap umat muslim, setiap kalimat yang terkandung dalam bacaan sholat semata-mata untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Sholat juga bisa menjadi sarana untuk menangkal banyak sekali penyakit hati yang ada dalam diri kita. Sudah menjadi barang tentu ketenangan hati dan pikiran akan kita dapatkan dengan melaksanakan ibadah sholat baik itu yang wajib 5 waktu setiap hari ataupun sholat sunat menyerupai sholat hajat, tahajud dan solat istikharah.

3. Mengadukan Masalah Kepada Allah SWT
Mencari seseorang untuk mengadu dan mencurahkan isi hatinya menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh setiap orang yang tengah mengalami masalah. Namun, terkadang mereka justru mendapat dilema gres ketika orang yang dijadikan sebagai daerah peraduannya merupakan orang yang salah dan tidak sanggup dipercaya. Maka dari itu, untuk menghidari hal tersebut sebaiknya anda adukan semua dilema dan cobaan yang dihadapi kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Karena Allah SWT telah mengingatkan hamba-Nya di dalam ayat yang dibaca setiap muslim minimal 17 kali dalam sehari:“Hanya kepada-Mulah kami menyembah, dan hanya kepada-Mulah kami meminta pertolongan” (QS. Al Fatihah 5).

4. Selalu Mengingat Allah SWT
Orang yang selalu ingat kepada sang pencipta dalam melaksanakan segala acara di dunia tentu akan mendapat ketenangan hati dan pikiran ketika diuji dengan banyak sekali masalah. Karena hal tersebut sudah menjadi kesepakatan Allah SWT, bagi siapa saja yang mengingat-Nya, maka didalam hatinya pastilah terisi dengan ketentraman-ketentraman yang tidak bisa didapatkan melainkan hanya mengingat-Nya.

5. Berpikir Positif
Jika dalam diri anda banyak bersemayam pikiran-pikiran negatif, segeralah buang dari kini lantaran pikiran negatif hanya akan menjauhkan anda dari rasa hening dan tentram. Ketenangan hati dan pikiran hanya akan didapatkan dengan pikiran positif lantaran dengan ini anda akan percaya jikalau setiap dilema yang dihadapi niscaya ada jalan keluarnya dan hal tersebut sudah menjadi ketentuan Allah SWT menyerupai yang terkandung dalam Surat (Al-Insyirah ayat 5-6)  "Karena Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kegampangan. Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kegampangan”

6. Membaca Surat Yassin
Allah SWT telah menurunkan Al-qur'an sebagai pemikiran hidup bagi setiap umatnya. Setiap kandungan surat dan ayat didalamnya mekepunyaani makna dan kandungan yang berbeda. Jika anda ingin hening hati dan pikiran maka bacalah surat yassin setiap kali simpulan sholat wajib dengan khusyuk alasannya didalamnya terkandung makna dan aura yang sanggup menenangkan hati dan pikiran.

7. Perbanyak Istighfar serta Berdzikir Kepada Allah SWT 
Berdzikir merupakan salah satu metode untuk mendekatkan diri kepada Allah semoga kita selalu mengingatnya dengan mengagungkan kalimat-kalimat Allah. Jika anda tengah mancari ketenangan hati dan pikiran, ada 2 kalimat yang mustajab untuk memperoleh ketenangan hati dan pikiran sebagai berikut
  • Hasbunallah Wa Ni'mal Wakil

  • La Haula Wala Quwwata Illa Billah 
8. Biasakan Diri Dalam Keadaan Suci dari Najis (Wudlu)
Berwudlu merupakan salah satu metode dalam islam untuk mensucikan diri dari najis. Biasanya acara berwudlu ini dilakukan apabila kita akan mendirikan sholat atau ketika akan membaca Al-qur'an. Namun, tak ada salahnya untuk kita membiasakan berwudlu sebelum melaksanakan acara lain menyerupai bekerja, sekolah, atau sebelum tidur. Dengan membiasakan berwudlu sebelum melaksanakan sesuatu, hati kita akan menjadi hening dan digampangkan dalam menghadapi sesuatu. 

9. Perbanyak Melakukan Sholat Sunnah
Sebagai makhluk Allah SWT, kita diwajibkan untuk melaksanakan kewajiban yang sudah ditentukan dalam rukun islam. Selain ibadah wajib, ternyata Allah SWT juga telah memerintahkan kita untuk melaksanakan ibadah sunnah sebagai pemanis pahala bagi kita. Selain pahala yang akan kita dapatkan dari ibadah sunnah, ada beberapa khasiat tertentu yang terdapat didalamnya termasuk untuk memperlihatkan ketenangan dalam hati dan pikiran. Salah satu ibadah sunnah yang sanggup memperlihatkan ketenangan ialah sholat sunnah menyerupai Solat Tahajud, Solat Dhuha, Solat Taubat, Solat Hajat, dan sebagainya. 

10. Menjaga Silaturahmi Dengan Keluarga, Kerabat, dan Tetangga
Sebagai makhluk sosial, kita selalu membutuhkan orang lain dalam melaksanakan acara sehari-hari menyerupai keluarga, kerabat, dan tetangga. Maka dari itu, sudah menjadi sebuah keharusan bagi kita untuk menjaga relasi dengan sesama lantaran suatu ketika kita niscaya butuh mereka dan sebaliknya mereka juga niscaya butuh kita. Tak jarang masalah-masalah yang muncul di kehidupan kita berawal dari kurang baiknya relasi kita dengan mereka. Maka dari itu, menjaga silaturahmi dengan sesama menjadi sangat penting untuk mendapat ketenangan hati dan pikiran lantaran jikalau silaturahmi dengan sesama terjaga baik, kecil kemungkinan kita akan mendapat masalah.

Setelah anda membaca artikel diatas, tidak ada salahnya jikalau mengikuti beberapa metode tersebut untuk mendapat ketenangan hati dan pikiran. Karena bergotong-royong ketenangan hati dan pikiran menjadi kunci penting dalam mewujudkan hidup yang berkualitas.Semoga Bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel