Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Wacana Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan Dan Kebudayaan

Berikut ini ialah berkas Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan. Download file format PDF.

 Berikut ini ialah berkas Permendikbud Nomor  Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan
Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan

Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan:

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2018
TENTANG
PERIZINAN BERUSAHA TERINTEGRASI SECARA ELEKTRONIK SEKTOR PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang:
bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 88 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 wacana Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, perlu memutuskan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan wacana Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan;
Mengingat:
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 wacana Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586) sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang- Undang Nomor 9 Tahun 2015 wacana Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 wacana Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);
  3. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 wacana Perfilman (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 141, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5060);
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496) sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 wacana Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670);
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 wacana Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 wacana Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 wacana Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157);
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 wacana Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 90, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6215);

MEMUTUSKAN:

Menetapkan: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG PERIZINAN BERUSAHA TERINTEGRASI SECARA ELEKTRONIK SEKTOR PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.

BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:
  1. Pelaku Usaha ialah perseorangan atau nonperseorangan yang melaksanakan perjuangan dan/atau acara pada bidang tertentu.
  2. Perizinan Berusaha ialah registrasi yang diberikan kepada Pelaku Usaha untuk memulai dan menjalankan perjuangan dan/atau acara dan diberikan dalam bentuk persetujuan yang dituangkan dalam bentuk surat/keputusan atau pemenuhan persyaratan dan/atau Komitmen.
  3. Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission yang selanjutnya disingkat OSS ialah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.
  4. Lembaga Pengelola dan Penyelenggara OSS yang selanjutnya disebut Lembaga OSS ialah lembaga pemerintah nonkementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang koordinasi penanaman modal.
  5. Izin Usaha ialah izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota sesudah Pelaku Usaha melaksanakan registrasi dan untuk memulai perjuangan dan/atau acara hingga sebelum pelaksanaan operasional dengan memenuhi persyaratan dan/atau Komitmen.
  6. Izin Operasional ialah izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota sesudah Pelaku Usaha mendapatkan Izin Usaha dan untuk melaksanakan acara operasional dengan memenuhi persyaratan dan/atau Komitmen.
  7. Nomor Induk Berusaha yang selanjutnya disingkat NIB ialah identitas Pelaku Usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS sesudah Pelaku Usaha melaksanakan pendaftaran.
  8. Komitmen ialah pernyataan Pelaku Usaha untuk memenuhi persyaratan Izin Usaha dan/atau Izin Operasional.
  9. Izin Mendirikan Bangunan Gedung yang selanjutnya disingkat IMB ialah perizinan yang diberikan oleh pemerintah kawasan kecuali untuk bangunan gedung fungsi khusus oleh Pemerintah kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan gedung sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.
  10. Pendidikan Formal ialah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
  11. Pendidikan Nonformal ialah jalur pendidikan di luar Pendidikan Formal yang sanggup secara terstruktur dan berjenjang.
  12. Kementerian ialah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  13. Menteri ialah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pasal 2
Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik bertujuan untuk percepatan perizinan sektor pendidikan dan kebudayaan.

Pasal 3
Pelaku Usaha yang akan melaksanakan perjuangan di sektor pendidikan dan kebudayaan wajib memperoleh Izin Usaha terintegrasi secara elektronik.

BAB II
PERIZINAN BERUSAHA SEKTOR PENDIDIKAN

Bagian Kesatu
Bidang Usaha Sektor Pendidikan

Pasal 4
Perizinan Berusaha sektor pendidikan meliputi:
a. izin pendirian satuan Pendidikan Formal yang diselenggarakan oleh masyarakat;
b. izin penambahan dan perubahan jadwal keahlian pada SMK;
c. izin operasional Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK);
d. izin penyelenggaraan Pendidikan Nonformal; dan
e. izin penyelenggaraan Pendidikan Nonformal dengan modal asing.

Bagian Kedua
Pelaku Usaha

Pasal 5
(1) Pelaku Usaha di sektor pendidikan, meliputi:
a. Pelaku Usaha perseorangan; dan
b. Pelaku Usaha nonperseorangan.

(2) Pelaku Usaha Perseorangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan orang perorangan penduduk Indonesia yang cakap untuk bertindak dan melaksanakan perbuatan hukum.

(3) Pelaku Usaha Perseorangan hanya sanggup melaksanakan perjuangan untuk izin penyelenggaraan Pendidikan Nonformal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 abjad d dan izin penyelenggaraan Pendidikan Nonformal dengan modal aneh sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 abjad e.

(4) Izin penyelenggaraan Pendidikan Nonformal sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dikecualikan untuk taman kanak-kanak.

(5) Pelaku Usaha nonperseorangan yang menjalankan perizinan berusaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 abjad a, abjad b, dan abjad c terdiri atas:
a. tubuh perjuangan yang didirikan oleh yayasan; dan
b. tubuh perjuangan bersifat nirlaba yang didirikan oleh tubuh aturan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

(6) Pelaku Usaha nonperseorangan yang menjalankan perizinan berusaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 abjad d dan abjad e terdiri atas:
a. perseroan terbatas;
b. tubuh perjuangan yang didirikan oleh yayasan; dan
c. tubuh perjuangan bersifat nirlaba yang didirikan oleh tubuh aturan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Bagian Ketiga
Pendaftaran

Pasal 6
(1) Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 wajib melaksanakan registrasi untuk acara berusaha dengan mengakses laman OSS.

(2) Ketentuan mengakses laman OSS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Pasal 7
(1) Pelaku Usaha yang telah melaksanakan registrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 akan mendapatkan NIB yang diterbitkan oleh Lembaga OSS.

(2) NIB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan identitas berusaha dan dipakai oleh Pelaku Usaha untuk mendapatkan Izin Usaha dan Izin Operasional.

(3) NIB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku selama Pelaku Usaha menjalankan perjuangan dan/atau kegiatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

(4) NIB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku oleh Lembaga OSS dalam hal:
a. Pelaku Usaha melaksanakan perjuangan dan/atau acara yang tidak sesuai dengan NIB; dan/atau
b. dinyatakan batal atau tidak sah menurut putusan pengadilan yang berkekuatan aturan tetap.

Bagian Keempat
Pendirian Satuan Pendidikan

Pasal 8

(1) Pelaku Usaha yang telah mendapatkan NIB dari Lembaga OSS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 akan diberikan Izin Usaha oleh Lembaga OSS sesudah Lembaga OSS menerbitkan:
a. izin lokasi;
b. izin lokasi perairan;
c. izin lingkungan; dan/atau
d. IMB, menurut Komitmen.

(2) Penerbitan izin lokasi, izin lokasi perairan, izin lingkungan, dan/atau IMB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(3) Selain mendapatkan Izin Usaha dari Lembaga OSS, Pelaku Usaha akan mendapatkan Izin Operasional sesudah memenuhi Komitmen Izin Operasional.

(4) Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) meliputi:
a. hasil studi kelayakan;
b. isi pendidikan;
c. jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan;
d. sarana dan prasarana pendidikan;
e. pembiayaan pendidikan;
f. sistem penilaian dan sertifikasi; dan
g. administrasi dan proses pendidikan.

(5) Hasil studi kelayakan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) abjad a meliputi:
a. hasil studi kelayakan wacana prospek pendirian satuan Pendidikan Formal dari segi tata ruang, geografis, dan ekologis;
b. hasil studi kelayakan wacana prospek pendirian satuan Pendidikan Formal dari segi prospek pendaftar, keuangan, sosial, dan budaya;
c. data mengenai perimbangan antara jumlah satuan Pendidikan Formal dengan penduduk usia sekolah di wilayah tersebut;
d. data mengenai asumsi jarak satuan pendidikan yang diusulkan di antara gugus satuan pendidikan formal sejenis;
e. data mengenai kapasitas daya tampung dan lingkup jangkauan satuan pendidikan formal sejenis yang ada;
f. data mengenai asumsi pembiayaan untuk kelangsungan pendidikan paling sedikit untuk 1 (satu) tahun akademik berikutnya; dan
g. dokumen hak atas tanah dan bangunan satuan pendidikan atas nama penyelenggara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(6) Pemerintah kawasan sesuai dengan kewenangannya wajib melaksanakan penilaian terhadap hasil studi kelayakan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) abjad a paling usang 30 (tiga puluh) hari.

(7) Selain memenuhi Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (4) pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memenuhi Komitmen lainnya, terdiri atas:
a. menyelenggarakan paling sedikit 1 (satu) jadwal keahlian dengan paling sedikit 2 (dua) kompetensi keahlian dalam 1 (satu) jadwal keahlian sesuai dengan jadwal dan kompetensi keahlian yang ditetapkan oleh pemerintah daerah;
b. tersedianya sarana dan prasarana praktik yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang dibuka;
c. tersedianya guru produktif sesuai dengan kompetensi keahlian yang dibuka;
d. tersedianya jumlah guru produktif sesuai dengan jumlah rombongan berguru dan jam mengajar;
e. melaksanakan kolaborasi dengan dunia usaha/dunia industri;
f. tersedianya lapangan kerja yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang diselenggarakan; dan
g. adanya analisis kompetensi keahlian yang akan dibuka dengan memperhatikan kondisi/kompetensi sumber daya keahlian guru, potensi risiko, pendanaan, penyediaan peralatan praktik, penyediaan materi praktik, dan dunia usaha/dunia industri.

(8) Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan Komitmen lainnya sebagaimana dimaksud pada ayat (7) wajib dipenuhi oleh Pelaku Usaha paling usang 1 (satu) tahun semenjak diterimanya Izin Usaha.

(9) Pemerintah kawasan sesuai dengan kewenangannya wajib memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional dan Komitmen lainnya oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (8) paling usang 30 (tiga puluh) hari sesudah diterimanya pemenuhan Komitmen dari Pelaku Usaha.

(10) Izin Operasional akan dikeluarkan oleh Lembaga OSS sesudah pemerintah kawasan memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (9).

Bagian Kelima
Penambahan dan Perubahan Program Keahlian pada Sekolah Menengah Kejuruan

Pasal 9
(1) Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 yang akan melaksanakan penambahan bidang atau jadwal keahlian harus memenuhi Komitmen Izin Operasional untuk diterbitkan Izin Operasional oleh Lembaga OSS meliputi:
a. anjuran bidang atau jadwal keahlian yang akan ditambahkan;
b. tersedianya sarana dan prasarana praktik yang sesuai dengan kejuruan yang akan ditambahkan;
c. adanya potensi sumber daya wilayah yang memerlukan keahlian kejuruan tertentu;
d. adanya potensi lapangan kerja;
e. adanya pemetaan satuan pendidikan sejenis di wilayah tersebut; dan
f. adanya proteksi masyarakat dan dunia usaha/dunia industri yang dibuktikan dengan dokumen tertulis dari masyarakat dan dunia usaha/ industri.

(2) Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dipenuhi oleh Pelaku Usaha paling usang 3 (tiga) bulan semenjak diterimanya Izin Usaha.

(3) Pemerintah kawasan sesuai dengan kewenangannya wajib memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (2) paling usang 30 (tiga puluh) hari sesudah diterimanya pemenuhan Komitmen dari Pelaku Usaha.

(4) Izin Operasional akan dikeluarkan oleh Lembaga OSS sesudah Pemerintah kawasan memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (3).

Bagian Keenam
Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal

Pasal 10
(1) Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 merupakan Pelaku Usaha untuk pendirian:
a. pendidikan anak usia dini nonformal, yaitu kelompok bermain, tempat penitipan anak, dan satuan pendidikan anak usia dini sejenis;
b. satuan pendidikan nonformal, yaitu sentra acara masyarakat, lembaga kursus dan pembinaan serta satuan pendidikan nonformal sejenis.

(2) Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang telah mendapatkan NIB dari Lembaga OSS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 akan diberikan Izin Usaha oleh Lembaga OSS sesudah Lembaga OSS menerbitkan:
a. izin lokasi;
b. izin lokasi perairan;
c. izin lingkungan; dan/atau 
d. IMB, menurut Komitmen.

(3) Penerbitan izin lokasi, izin lokasi perairan, izin lingkungan, dan/atau IMB sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(4) Selain mendapatkan Izin Usaha dari Lembaga OSS, Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) akan mendapatkan Izin Operasional sesudah memenuhi Komitmen Izin Operasional.

(5) Komitmen Izin Operasional bagi Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1), meliputi:
a. hasil studi kelayakan;
b. isi pendidikan;
c. jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan;
d. sarana dan prasarana pendidikan;
e. pembiayaan pendidikan;
f. sistem penilaian dan sertifikasi; dan
g. administrasi dan proses pendidikan.

(6) Hasil studi kelayakan sebagaimana dimaksud pada ayat (5) abjad a meliputi:
a. hasil studi kelayakan wacana prospek pendirian satuan pendidikan dari segi tata ruang, geografis, dan ekologis;
b. hasil studi kelayakan wacana prospek pendirian satuan pendidikan dari segi prospek pendaftar, keuangan, sosial, dan budaya;
c. data mengenai asumsi pembiayaan untuk kelangsungan pendidikan paling sedikit untuk 1 (satu) tahun akademik berikutnya; dan
d. dokumen hak atas tanah dan bangunan satuan pendidikan atas nama penyelenggara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(7) Komitmen Izin Operasional Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (5) mengacu pada standar nasional pendidikan.

(8) Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (5) wajib dipenuhi oleh Pelaku Usaha paling usang 1 (satu) tahun semenjak diterimanya Izin Usaha.

(9) Pemda sesuai dengan kewenangannya wajib memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (7) paling usang 30 (tiga puluh) hari sesudah diterimanya pemenuhan Komitmen dari Pelaku Usaha.

(10) Izin Operasional akan dikeluarkan oleh Lembaga OSS sesudah Pemda memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (8).

Bagian Ketujuh
Operasional Satuan Pendidikan Kerja Sama

Pasal 11
(1) Pelaku Usaha yang telah mendapatkan NIB dari Lembaga OSS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 akan diberikan Izin Usaha oleh Lembaga OSS sesudah Lembaga OSS menerbitkan:
a. izin lokasi;
b. izin lokasi perairan;
c. izin lingkungan; dan/atau d. IMB, menurut Komitmen.

(2) Penerbitan izin lokasi, izin lokasi perairan, izin lingkungan, dan/atau IMB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(3) Selain mendapatkan Izin Usaha dari Lembaga OSS, Pelaku Usaha akan mendapatkan Izin Operasional sesudah memenuhi Komitmen Izin Operasional.

(4) Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) meliputi:
a. perjanjian kerja sama antara lembaga pendidikan aneh dengan lembaga pendidikan di Indonesia untuk mendirikan SPK, paling sedikit memuat:
  1. klausul wacana kurikulum yang digunakan;
  2. klausul wacana komposisi tenaga pendidik (paling banyak 70% (tujuh puluh persen) Warga Negara Asing) dan tenaga kependidikan (paling banyak 20% (dua puluh persen) Warga Negara Asing);
  3. klausul wacana kepemilikan aset pada SPK sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan;
  4. klausul wacana pembiayaan SPK; dan
  5. klausul wacana pilihan lembaga penyelesaian sengketa. 
b. salinan dokumen status tubuh aturan lembaga pendidikan di Indonesia berupa sertifikat yayasan atau sertifikat perkumpulan beserta perubahannya yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia;
c. salinan sertifikat legalisasi satuan pendidikan nasional dengan hasil terakreditasi A yang dimiliki oleh lembaga pendidikan di Indonesia;
d. izin pendirian dan/atau izin operasional satuan pendidikan nasional yang dimiliki oleh lembaga pendidikan di Indonesia;
e. salinan dokumen mengenai status tubuh aturan lembaga pendidikan aneh dari negara asalnya;
f. salinan dokumen legalisasi atau pengakuan lembaga pendidikan aneh atau dokumen pengakuan dari negara asalnya;
g. salinan bukti kepemilikan dan/atau penguasaan atas tanah dan/atau bangunan dalam bentuk:
  1. sertifikat hak milik;
  2. sertifikat hak guna bangunan;
  3. sertifikat hak pakai; dan/atau
  4. surat perjanjian sewa menyewa.
h. Rencana Induk Pengembangan SPK, yang sekurang- kurangnya memuat:
  1. visi dan misi;
  2. kurikulum;
  3. standar kompetensi lulusan;
  4. proses pembelajaran;
  5. data penerima didik;
  6. data pendidik;
  7. data tenaga kependidikan;
  8. sarana dan prasarana;
  9. penilaian;
  10. pengelolaan; dan
  11. pembiayaan.
i. Rencana Umum Tata Ruang SPK;
j. acuan bank atas nama lembaga pendidikan di Indonesia;
k. bukti mengenai jaminan sumber pembiayaan paling sedikit 3 (tiga) tahun untuk jenjang pendidikan anak usia dini dan 6 (enam) tahun untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah; dan
l. hasil studi kelayakan paling sedikit memuat:
  1. prospek pendirian satuan pendidikan dari segi tata ruang, geografis, dan ekologis;
  2. prospek pendirian satuan pendidikan dari segi pendaftar, keuangan, sosial, dan budaya;
  3. kapasitas daya tampung dan lingkup jangkauan satuan pendidikan sejenis yang ada; dan
  4. perkiraan pembiayaan untuk kelangsungan pendidikan paling sedikit untuk 1 (satu) tahun akademik berikutnya.

(5) Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (4) wajib dipenuhi oleh Pelaku Usaha paling usang 1 (satu) tahun semenjak diterimanya Izin Usaha.

(6) Menteri dengan sesuai kewenangannya wajib memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (4) paling usang 30 (tiga puluh) hari sesudah diterimanya pemenuhan Komitmen dari Pelaku Usaha.

(7) Izin Operasional akan dikeluarkan oleh Lembaga OSS sesudah Menteri memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (6).

Bagian Kedelapan
Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal dengan Modal Asing

Pasal 12
(1) Pelaku Usaha yang telah mendapatkan NIB dari Lembaga OSS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 akan diberikan Izin Usaha oleh Lembaga OSS sesudah Lembaga OSS menerbitkan:
a. izin lokasi;
b. izin lokasi perairan;
c. izin lingkungan; dan/atau
d. IMB, menurut Komitmen.

(2) Penerbitan izin lokasi, izin lokasi perairan, izin lingkungan, dan IMB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(3) Selain mendapatkan Izin Usaha dari Lembaga OSS, Pelaku Usaha akan mendapatkan Izin Operasional sesudah memenuhi Komitmen Izin Operasional.

(4) Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (3), meliputi:
a. hasil studi kelayakan;
b. isi pendidikan;
c. jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan;
d. sarana dan prasarana pendidikan;
e. pembiayaan pendidikan;
f. sistem penilaian dan sertifikasi; dan
g. administrasi dan proses pendidikan.

(5) Hasil studi kelayakan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) abjad a meliputi:
a. hasil studi kelayakan wacana prospek pendirian satuan pendidikan dari segi tata ruang, geografis, dan ekologis;
b. hasil studi kelayakan wacana prospek pendirian satuan pendidikan dari segi prospek pendaftar, keuangan, sosial, dan budaya;
c. data mengenai asumsi pembiayaan untuk kelangsungan pendidikan paling sedikit untuk 1 (satu) tahun akademik berikutnya; dan
d. dokumen hak atas tanah dan bangunan satuan pendidikan atas nama penyelenggara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(6) Komitmen Izin Operasional sebagaimana dimaksud pada ayat (4) wajib dipenuhi oleh Pelaku Usaha paling usang 1 (satu) tahun semenjak diterimanya Izin Usaha.

(7) Menteri wajib memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (4) paling usang 30 (tiga puluh) hari sesudah diterimanya pemenuhan Komitmen dari Pelaku Usaha.

(8) Izin Operasional akan dikeluarkan oleh Lembaga OSS sesudah Menteri memastikan terpenuhinya Komitmen Izin Operasional oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (6).

BAB III
PERIZINAN BERUSAHA SEKTOR KEBUDAYAAN

Bagian Kesatu
Bidang Usaha Sektor Kebudayaan

Pasal 13
Perizinan Berusaha sektor kebudayaan meliputi:
a. Izin Usaha perfilman, terdiri atas:
  1. Izin Usaha pengedaran film;
  2. Izin Usaha ekspor film;
  3. Izin Usaha impor film;
  4. Izin Usaha pertunjukan film; dan
  5. Izin Usaha penjualan dan/atau penyewaan film. 
b. Tanda Daftar Usaha Perfilman (TDUP), terdiri atas:
  1. pendaftaran perjuangan pembuatan film;
  2. pendaftaran perjuangan jasa teknik film; dan
  3. pendaftaran perjuangan pengarsipan film.

Bagian Kedua
Pelaku Usaha

Pasal 14
(1) Pelaku Usaha sektor kebudayaan, meliputi:
a. Pelaku Usaha perseorangan; dan
b. Pelaku Usaha nonperseorangan.

(2) Pelaku Usaha perseorangan sebagaiamana dimaksud pada ayat (1) abjad a merupakan orang perorangan penduduk Indonesia yang cakap untuk bertindak dan melaksanakan perbuatan hukum.

(3) Pelaku Usaha perseorangan hanya sanggup melaksanakan perjuangan pengarsipan film dan perjuangan penjualan dan/atau penyewaan film.

(4) Pelaku Usaha nonperseorangan melaksanakan usaha, meliputi:
a. pengarsipan film;
b. pembuatan film;
c. jasa tehnik film;
d. pengedaran film;
e. ekspor film;
f. impor film;
g. pertunjukan film; dan
h. penjualan dan/atau penyewaan film.

(5) Pelaku Usaha nonperseorangan terdiri atas:
a. perseroan terbatas;
b. tubuh perjuangan yang didirikan oleh yayasan; dan
c. komplotan komanditer.

Bagian Ketiga
Pendaftaran

Pasal 15
(1) Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 wajib melaksanakan registrasi untuk acara berusaha dengan mengakses laman OSS.

(2) Ketentuan mengakses laman OSS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 16
(1) Pelaku Usaha yang telah melaksanakan registrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 akan mendapatkan NIB yang diterbitkan oleh Lembaga OSS.

(2) NIB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan identitas berusaha dan dipakai oleh Pelaku Usaha untuk mendapatkan Izin Usaha dan Izin Operasional.

(3) NIB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku selama Pelaku Usaha menjalankan perjuangan dan/atau kegiatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

(4) NIB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku oleh Lembaga OSS dalam hal:
a. Pelaku Usaha melaksanakan perjuangan dan/atau acara yang tidak sesuai dengan NIB; dan/atau
b. dinyatakan batal atau tidak sah menurut putusan pengadilan yang berkekuatan aturan tetap.

Bagian Keempat
Tanda Daftar Usaha Perfilman dan Izin Usaha Perfilman

Pasal 17
Pelaku Usaha yang telah mendapatkan NIB dari Lembaga OSS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 berlaku sebagai:
a. TDUP bagi:
  1. Pelaku Usaha pengarsipan film;
  2. Pelaku Usaha pembuatan film; dan
  3. Pelaku Usaha jasa teknik film;
b. Izin Usaha Perfilman (IUP) bagi:
  1. Pelaku Usaha pengedaran film;
  2. Pelaku Usaha ekspor film; dan
  3. Pelaku Usaha impor film.

Pasal 18
(1) Pelaku Usaha pembuatan film sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (4) abjad b yang akan menciptakan film wajib mempunyai Tanda Pemberitahuan Pembuatan Film (TPPF).

(2) TPPF sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipakai sebagai Izin Usaha bagi Pelaku Usaha pembuatan film.

(3) Untuk mempunyai TPPF, Pelaku Usaha wajib memenuhi Komitmen yang meliputi:
a. nama pemilik hak cipta atas film yang dibuat;
b. judul film;
c. isi cerita/sinopsis dalam bahasa Indonesia; d. nama produser, sutradara, dan penulis; dan e. jadwal dan lokasi pembuatan film.

(4) Pemenuhan Komitmen sebagaimana dimaksud pada ayat (3) wajib dipenuhi oleh Pelaku Usaha paling usang 14 (empat belas) hari kerja semenjak diterimanya TDUP.

(5) Kementerian wajib memastikan terpenuhinya Komitmen oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (4) paling usang 5 (lima) hari sesudah diterimanya pemenuhan Komitmen dari Pelaku Usaha.

(6) TPPF akan dikeluarkan oleh Lembaga OSS sesudah Kementerian memastikan terpenuhinya Komitmen oleh Pelaku Usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (5).

(7) Dalam hal Lembaga OSS belum mengakomodasi penerbitan TPPF maka akan diterbitkan oleh Kementerian dan dilaporkan kepada Lembaga OSS.

Pasal 19
Pelaku Usaha impor film yang telah mempunyai IUP dan akan melaksanakan perjuangan impor film akan diberikan surat rekomendasi impor film melalui Lembaga OSS.

BAB IV
KLASIFIKASI BAKU LAPANGAN USAHA INDONESIA

Pasal 20
Jenis perjuangan sektor pendidikan dan kebudayaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 dan Pasal 13 sesuai dengan pembagian terstruktur mengenai baku lapangan perjuangan Indonesia (KBLI) sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang tidak terpisahkan dalam Peraturan Menteri ini.

BAB V
PEMBIAYAAN

Pasal 21
Penerbitan Izin Berusaha sektor pendidikan dan kebudayaan tidak dipungut biaya.

BAB VI
MASA BERLAKU PERIZINAN

Pasal 22
Izin Usaha dan Izin Operasional berlaku selama Pelaku Usaha menjalankan perjuangan dan/atau kegiatannya, kecuali diatur lain dalam undang-undang.


BAB VII
PENGAWASAN

Pasal 23
(1) Kementerian dan/atau pemerintah kawasan wajib melaksanakan pengawasan atas:
a. pemenuhan Komitmen;
b. pemenuhan standar, sertifikasi, lisensi dan/atau pendaftaran; dan/atau
c. perjuangan dan/atau kegiatan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2) Kementerian sanggup bekerja sama dengan lembaga profesi/pemerintah kawasan dalam melaksanakan pengawasan.

(3) Dalam hal hasil pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditemukan ketidaksesuaian atau penyimpangan, Kementerian dan/atau pemerintah kawasan mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(4) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) berupa:
a. peringatan;
b. penghentian sementara acara berusaha; dan/atau
c. pencabutan Perizinan Berusaha, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(5) Peringatan akan diberikan kepada Pelaku Usaha yang melaksanakan acara perjuangan tidak sesuai dengan Perizinan Berusaha.

(6) Dalam hal Pelaku Usaha telah diberikan peringatan sebanyak 2 (dua) kali dan tidak mengindahkan maka acara berusaha akan diberhentikan sementara.

(7) Dalam hal acara berusaha telah diberhentikan sementara selama 1 (satu) bulan dan tidak diindahkan maka akan dilakukan pencabutan Perizinan Berusaha.

(8) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) disampaikan melalui sistem OSS oleh Kementerian dan/atau pemerintah kawasan kepada Lembaga OSS.

(9) Lembaga OSS menurut laporan Kementerian dan/atau pemerintah kawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (8) melaksanakan penghentian sementara atau pencabutan Perizinan Berusaha.

BAB VIII
KETENTUAN PERALIHAN

Pasal 24
Pada dikala Peraturan Menteri ini mulai berlaku:
a. semua peraturan perundang-undangan yang mengatur wacana Perizinan Berusaha sektor pendidikan dan kebudayaan dinyatakan tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Menteri ini;
b. Perizinan Berusaha yang telah diajukan oleh Pelaku Usaha sebelum berlakunya Peraturan Menteri ini dan belum diterbitkan Perizinan Berusahanya, diproses sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri ini; dan
c. Izin Usaha dan/atau Izin Operasional yang telah diperoleh dan masih berlaku sesuai bidang perjuangan dan/atau kegiatannya tetap berlaku dan didaftarkan ke Lembaga OSS.

Pasal 25
Taman kanak-kanak yang diselenggarakan oleh perseorangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (3) dan telah mendapatkan Izin Operasional dari pemerintah daerah:
a. tetap diakui sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan; dan
b. wajib menyesuaikan dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri ini paling usang 2 (dua) tahun sejak Peraturan Menteri ini diundangkan.

BAB IX
PENUTUP

Pasal 26
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. 

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 13 Juli 2018
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA,
TTD.
MUHADJIR EFFENDY

    Download Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan



    Download File:
    Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan.pdf
    Sumber: http://jdih.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga sanggup bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Permendikbud Nomor 25 Tahun 2018 Wacana Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan Dan Kebudayaan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel