Kumpulan Bahan Pos Kkg Dan Mgmp

Kumpulan Materi POS ( Prosedur Opersional Standar ) KKG dan MGMP - Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang  Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 perihal Guru mengamanatkan bahwa guru wajib mempunyai kualifikasi akademik minimal S1 atau D-IV, kompetensi, dan akta pendidik. Selain itu, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, guru harus meningkatkan kompetensinya secara berkelanjutan. Sehubungan dengan hal tersebut, biar proses peningkatan kualifikasi akademik dan kompetensi guru terprogram serta terealisasi dengan baik, dibutuhkan wadah training guru yang berdikari dan profesional.
 perihal Guru mengamanatkan bahwa guru wajib mempunyai kualifikasi akademik minimal S Kumpulan Materi POS KKG dan MGMP

Wadah training guru yang sudah ada, yaitu Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk guru SD/MI/SDLB dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk guru SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/ SMALB, dan SMK/MAK ketika ini masih belum berjalan dengan baik dan masih banyak menghadapi banyak sekali kendala. Agar  aktivitas training guru di KKG dan MGMP lebih terarah, perlu disusun Rambu-rambu pengembangan dan penyelenggaraan KKG dan MGMP. Rambu-rambu tersebut terdiri atas  3 (tiga) buku, yaitu :
  • Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP.
  • Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG dan MGMP.
  • Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di KKG dan MGMP
[Preview File]


Tujuan disusunnya Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan KKG dan MGMP ini ialah untuk memperlihatkan Rambu-rambu bagi para pengelola. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) telah disusun standar pengembangan KKG dan MGMP yang memuat 7 (tujuh) komponen pengembangan, yaitu:

(1) organisasi,
(2) jadwal dan kegiatan,
(3) sumber daya manusia,
(4) sarana dan prasarana,
(5) pengelolaan,
(6) pembiayaan, serta
(7)  pemantau-an dan evaluasi.

Semua itu tersaji dalam  buku 1 yaitu  Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP. Untuk mengoperasionalkan pengembangan aktivitas tersebut perlu disusun Buku 2 yaitu Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan KKG dan MGMP yang merupakan jabaran dari ketujuh komponen pengembangan aktivitas KKG  dan MGMP di atas.


Untuk itu silahkan download file Kumpulan Materi POS KKG dan MGMP dibawah ini dalam bentuk FDP dan Words :

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Bahan Pos Kkg Dan Mgmp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel