Cara Mengaktifkan Headset Microphone Di Laptop Dan Komputer (Lengkap)

kusnendar.web.id Cara Mengaktifkan Headset di Laptop dan Komputer. Mungkin saat anda menghubungkan headset ke laptop atau PC namun sering sekali mengalami duduk perkara headset tidak terdeteksi, tidak berfungsi dan speaker dan earphone berbunyi bersamaan. Berikut ini cara setting headset+microphone yang benar agar tidak mengalami dilema  tersebut.


Sebelum kita membicarakan cara menangani problem  yang sering dialami, alangkah baiknya kalau anda belum berbelanja headset maka harus tau headset mana yang sempurna dan cocok.


Daftar Isi


Memilih Headset untuk Laptop dan Komputer


Ada dua jenis headset ialah headset saja untuk cuma dapat mendengarkan sound saja dan headset beserta microphone. Jika anda akan membeli Headset saya sarankan untuk berbelanja yang ada microphone nya, karena nantinya mampu digunakan untuk Video Call. Lalu belilah headset tersebut di toko komputer dan bilang ke penjualnya kalau ingin membeli headset untuk laptop/komputer sebab mempunyai spek yang berbeda walupun ada jenis yang mampu digunakan untuk keduanya.



  1. Komputer: untuk headset+microphone komputer lazimnya colokannya ada dua jenis yaitu versi USB ataupun colokan audio jack (terdiri warna hijau dan merah). Rekomendasi saya cari colokan berbentukUSB biar universal mampu digunakan di laptop juga.

  2. Laptop: biasanya di laptop terdapat colokan audio jack satu, artinya cuma dapat untuk headset / speaker saja tidak dapat digunakan untuk headset+microphone. Jika terdapat dua colokan audio jack biasanya untuk headset dan satunya lagi untuk microphone. Rekomendasi aku gunakan headset + microphone yg colokannya USB.


Contoh headset yang colokannya berupa USB sehingga dapat dipakai di laptop dan USB:



#Tutorial berikut ini yakni panduan model lengkap dari tulisan sebelumnya yang berjudulCara Mengaktifkan Headset Microphone di Komputer


Menyambungkan Headset ke Laptop atau Komputer



  • Langkah pertama, colokkan/hubungkan ke lubang jack audio (kalau di komputer colokkan yang berwarna hijau untuk headset dan warna merah untuk microphone). Untuk di laptop yang hanya ada 1 tombol jack maka cuma bisa untuk headset khusus untuk bunyi saja (earphone). Jika colokan berbentukUSB maka mampu dipakai di komputer ataupun laptop. Jika anda pada saat berbelanja menerima CD/DVD drive untuk headset tersebut maka install terlebih dahulu (Jika pengguna notebook yang tidak ada DVD Drive bisa copy apalagi dulu file Drive software instalannya ke komputer lalu pindahkan ke laptop).

  • Jika sukses diinstall maka akan muncul proses pemasangan USB di desktop kanan bawah.


Mengaktifkan Headset di Laptop atau Komputer




  • Jika sudah klik kanan pada ikon sound (di pojok kanan bawah) -> Volume Control Options.




  • Selanjutnya ceklis semua pada speaker dan headphone lalu klik OK.

  • Selanjutnya kembali  klik kanan pada ikon sound (di pojok kanan bawah) -> Sounds.




  • Pada sajian Playback di komputer aku muncul logo headphone, atau mampu saja di laptop/komputer anda timbul speaker. Klik kanan pada area kosong lalu pilih Show Disabled Devices.

  • Maka akan muncul logo ikon baru (Kalau di aku muncul speaker). Klik kanan pada ikon speaker lalu klik ENABLE  (*logo ikon pada gambar di atas terbalik karena jenis headset yang aku gunakan, yang terpenting yang diaktifkan adalah pada bab bawahnya terdapat USB Audio Device). Jika di komputer anda yang muncul yaitu Headphones maka pilih itu.




  • Setelah ikon speaker tadi sudah aktif berikutnya klik kanan lalu pilih Set as Default Device. Artinya bunyi dari komputer akan berbunyi di headset anda dan tidak berbunyi pada speaker (*logo ikon pada gambar di atas terbalik karena jenis headset yang saya gunakan, yang terpenting yang diaktifkan adalah pada bagian bawahnya terdapat USB Audio Device).




  • Untuk mengetesnya silahkan anda buka winamp atau media player lainnya lalu putar lagu. Jika bunyi lagu berbunyi di headset maka sukses.


Mengaktifkan Microphone di Headset Laptop atau Komputer



  • Setelah mengikuti cara di atas selanjutnya mengaktifkan microphone caranya yaitu. Klik kanan pada ikon sound (di pojok kanan bawah) -> Recording Devices. Pada sajian Recording klik kanan pada ikon microphone kemudian pilih ENABLE.


Cara Mengaktifkan microphone di laptop dan komputer



  • Setelah microphone aktif klik tombol PROPERTIES.




  • Jika anda ingin menyimak bunyi microphone terdengar di headset maka beri tanda ceklis pada Listen to this device. Kemudian pada Playback trhough … pilih speakers (USB Audio Device). Catatan kalau pada dikala tes suara ternyata yang dijadikan default speakers terdengar bunyi maka pilih pada pengaturan ini pilih speakers.


Cara Mengaktifkan headset microphone di laptop komputer



  • Jika anda ingin memaksimalkan volume microphone masih dalam pengaturan RECORDING DEVICES pilih Tab Menu LEVELS, naikkan volume ke kanan lalu OK.


Itulah cara mengaktifkan headset microphone di laptop dan komputer, bila di komputer anda ikon speakers dan headphones terbalik maka cek dulu denganc ara memutar musik pada bagian mana bunyi musik terdengar di headset di pendengaran anda itulah yang diaktifkan. Jika anda tidak mempunyai headset mirip di atas anda juga mampu memakai headset handphone biar fungsinya sama, silahkan baca “Cara Menjadikan Headset HP Menjadi Microphone di PC“.Selamat mencoba.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Headset Microphone Di Laptop Dan Komputer (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel